Bahan pembelajaran tematik berbasis mobile dengan model self-regulated learning pada mata pelajaran teknologi jaringan berbasis luas untuk menumbuhkan minat belajar siswa kelas xi tkj di smk malang / Hilga Damayanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Bahan pembelajaran tematik berbasis mobile dengan model self-regulated learning pada mata pelajaran teknologi jaringan berbasis luas untuk menumbuhkan minat belajar siswa kelas xi tkj di smk malang / Hilga Damayanti

Damayanti, Hilga Damayanti (2021) Bahan pembelajaran tematik berbasis mobile dengan model self-regulated learning pada mata pelajaran teknologi jaringan berbasis luas untuk menumbuhkan minat belajar siswa kelas xi tkj di smk malang / Hilga Damayanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Konsep dari Kurikulum 2013 dalam pelaksanaannya menekankan padaproses pembelajaran yang berpusat pada peserta didik. Pada konsepnya pembelajaran tematik merupakan belajar sambil melakukan sesuatu dengan dapat mengaitkannya ke dalam kehidupan sehari-hari. Berdasarkan hasil observasi dibeberapa SMK di Malang diperoleh hasil bahwa dalam penyampaian materi untuk mata pelajaran Teknologi Jaringan Berbasis Luas masih menerapkan metode ceramah dan bahan ajar yang yang digunakan masih berupa Lembar Kerja Sekolah (LKS) yang dirasa siswa kurang menarik dan cenderung monoton dalam teksnya. Khususnya pada materi fiber optic yang merupakan materi yang memerlukan pemahaman dan kegiatan praktikum yang lebih karena materi ini cukup rumit dalam penyampainnya sehingga butuh suatu bahan ajar yang dapat membantu siswa dalam mempelajari materi ini. Namun karena keterbatasan media yang ada dan tidak semua sekolah memiliki peralatan fiber optic membuat minat belajar siswa cenderung menurun. Disamping itu adanya pandemi virus Covid-19 ini membuat metode pembelajaran menjadi daring. Oleh karena itu diperlukan suatu pengembangan bahan pembelajaran berbasis mobile yang menarik dan memadai dengan menerapkan model selfregulated learning yang mana peserta didik dapat meningkatkan minat belajar namun juga bisa memilih ataupun mengontrol sendiri dalam hal proses belajaruntuk mata pelajaran Teknologi Jaringan Berbasis Luas agar pembelajaran tidak membosankan. Sehingga siswa dapat mencapai keberhasilan dalam prestasi akademik siswa itu sendiri. Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini adalahmengembangkan menguji kelayakan bahan pembelajaran berbasis mobile dengan model self-regulated learning pada mata pelajaran Teknologi Jaringan Berbasis Luas serta mengukur minat belajar siswa berdasarkan bahan ajar yang telahdikembangkan. Produk yang dihasilkan ini menggunakna model pengembangan 4D dariThiagarajan dkk yaitu terdiri dari 1) Define 2) Design 3) Develop 4) Disseminate.Berdasarkan hasil validasi dari ahli materi dan ahli media dinyatakan sangat valid dengan persentase 87 5% dan 96%. Kemudian untuk uji coba kelompok dinyatakan sangat valid dengan uji coba kelompok kecil sebesar 86 90% dan uji cobakelompok sebesar 88 68%. Serta minat belajar siswa juga dinyatakan sangat tinggi dengan persentase 84 08%. Oleh karena itu dari hasil data yang telah dihitung dapat disimpulkan bahwa bahan pembelajaran tematik berbasis mobile dengan model self regulated learning layak digunakan dalam pembelajaran mata pelajaran Teknologi Jaringan Berbasis Luas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Oct 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/187938

Actions (login required)

View Item View Item