Pengaruh penggunaan model learning cycle 5E berbantuan swishmax terhadap prestasi belajar fisika siswa kelas X SMAN 1 Tarik Sidoarjo materi Hhukum Newton / Ainur Rosidah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penggunaan model learning cycle 5E berbantuan swishmax terhadap prestasi belajar fisika siswa kelas X SMAN 1 Tarik Sidoarjo materi Hhukum Newton / Ainur Rosidah

Rosidah, Ainur (2017) Pengaruh penggunaan model learning cycle 5E berbantuan swishmax terhadap prestasi belajar fisika siswa kelas X SMAN 1 Tarik Sidoarjo materi Hhukum Newton / Ainur Rosidah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rosidah Ainur. 2017. Pengaruh Penggunaan Model Learning Cycle 5E berbantuan Swishmax terhadap Prestasi Belajar Fisika Siswa Kelas X SMAN 1 Tarik Sidoarjo Materi Hukum Newton. Skripsi Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Agus Suyudi M.Pd (II) Drs Asim M.Pd Kata Kunci Model Learning Cycle 5E Swishmax Prestasi Belajar Fisika Pendidikan merupakan aspek penting dan merupakan tolak ukur kemajuan suatu bangsa. Kurikulum 2013 mengharuskan pembelajaran yang dilakukan menggunakan pndekatan saintifik (Sciencetific Approach) yang memiliki komponen proses pembelajaran mengamati menanya mencoba menalar/asosiasi dan melakukan komunikasi. Salah satu alternatif untuk mengatasi masalah pembelajaran adalah penggunaan strategi mengajar pemilihan strategi pembelajaran yang menarik dan dapat memicu siswa untuk ikut serta secara aktif dalam pembelajaran diperlukan model pembelajaran aktif. Learning cycle 5E adalah model pembelajaran yang berpusat pada kegiatan penyelidikan sebelum konsep ilmiah diperkenalkan kepada siswa. Model pembelajaran learning cycle 5E dalam proses pembelajaran juga menggunakan media yang dapat memberikan pengalaman belajar baru bagi siswa dengan media pembelajaran aplikasi SWiSHmax. Penelitian ini menggunakan rancangan quasy experiment dengan desain posttest-only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIA di SMA Negeri 1 Tarik sebanyak 300 siswa. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas XI-MIA 6 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI-MIA 7 sebagai kelas kontrol yang dipilih menggunakan teknik cluster random sampling. Prestasi belajar peserta didik diukur menggunakan instrumen yang berupa tes pilihan ganda. Instrumen tes terlebih dahulu diuji validitas reliabilitas taraf kesukaran dan daya beda. Hasil tes diuji prasyarat menggunakan uji normalitas Liliefors dan uji homogenitas. Selanjutnya diadakan uji hipotesis menggunakan mann-whitney dengan taraf signifikansi 5%. Hasil analisis mann-whitney untuk prestasi belajar didapat 0.002

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 18 Jul 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18793

Actions (login required)

View Item View Item