Pengaruh pembelajaran inquiry-discovery berbantuan PhET dengan tinjauan teoritis terhadap kemampuan memecahkan masalah peserta didik SMAN 10 Malang / Nailul Muna - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pembelajaran inquiry-discovery berbantuan PhET dengan tinjauan teoritis terhadap kemampuan memecahkan masalah peserta didik SMAN 10 Malang / Nailul Muna

Muna, Nailul (2017) Pengaruh pembelajaran inquiry-discovery berbantuan PhET dengan tinjauan teoritis terhadap kemampuan memecahkan masalah peserta didik SMAN 10 Malang / Nailul Muna. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Nailulmuna. 2017. Pengaruh Pembelajaran Inquiry-Discovery Berbantuan PhET Dengan Tinjauan Teoritis Terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah Peserta Didik SMAN 10 Malang. Skripsi Prodi Pendidikan Fisika Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Wartono M.Pd. Pembimbing (2) Drs. Agus Suyudi M.Pd. Kata Kunci inquiry-discovery PhET tinjauan teoritis kemampuan memecahkan masalah. Aktivitas pembelajaran yang baik tidak hanya difokuskan pada penguasaan konsep peserta didik saja melainkan keaktifan dan kemandirian peserta didik dalam menemukan informasi mengenai konsep yang dipelajari serta kemampuan dalam memecahkan masalah. Inquiry-discovery berbantuan PhET dengan tinjauan teoritis menjadi salah satu alternatif pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan keaktifan peserta didik melakukan investigasi untuk menemukan konsep yang dipelajari dan memecahkan berbagai permasalahan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Inquiry-discovery berbantuan PhET dengan tinjauan teoritis terhadap kemampuan memecahkan masalah serta kemampuan memecahkan masalah pada peserta didik yang berkemampuan awal tinggi dan rendah dibandingkan dengan pembelajaran konvensional. Penelitian yang dilakukan adalah eksperimen kuasi dengan desain post-test only design. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA SMAN 10 Malang tahun ajaran 2016/2017. Sampel terdiri dari dua kelompok XI MIPA 6G4 dan XI MIPA 6H4. Pengumpulan data kemampuan memecahkan masalah dengan menggunakan soal tes essay yang diberikan kepada peserta didik. Analisis data menggunakan uji t dengan bantuan program software SPSS 19.0 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan memecahkan masalah peserta didik antara yang belajar dengan pembelajaran inquiry-discovery berbantuan PhET dengan tinjauan teoritis lebih tinggi daripada yang belajar dengan pembelajaran konvensional dan kemampuan memecahkan masalah peserta didik yang berkemampuan awal tinggi dan rendah yang belajar dengan pembelajaran inquiry-discovery berbantuan PhET dengan tinjauan teoritis lebih tinggi daripada yang belajar dengan pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil tersebut peneliti menyarankan penggunaan pembelajaran inquiry-discovery berbantuan PhET dengan tinjauan teoritis dalam kegiatan pembelajaran sebagai alternatif model pembelajaran lain selain model pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 14 Jul 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18789

Actions (login required)

View Item View Item