Pengembangan multimedia berbantuan macromedia swishmax 4 berbasis pendekatan saintifik pada materi hukum Newton kurikulum 2013 revisi / Lanang Dwiviananda - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan multimedia berbantuan macromedia swishmax 4 berbasis pendekatan saintifik pada materi hukum Newton kurikulum 2013 revisi / Lanang Dwiviananda

Dwiviananda, Lanang (2017) Pengembangan multimedia berbantuan macromedia swishmax 4 berbasis pendekatan saintifik pada materi hukum Newton kurikulum 2013 revisi / Lanang Dwiviananda. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Dwiviananda Lanang. 2017. Pengembangan Multimedia Berbantuan Macromedia Swishmax 4 Berbasis Pendekatan Saintifik Pada Materi Hukum Newton Kurikulum 2013 Revisi. Skripsi Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) Drs. H. Winarto M.Pd. (II) Nandang Mufti S.Si M. T Ph.D. Kata Kunci multimedia pembelajaran pendekatan saintifik hukum newton Pendekatan saintifik merupakan suatu bentuk pengorganisasian pengalaman belajar yang meliputi komponen mengamati menanya mengumpulkan informasi menalar dan mengomunikasikan. Penguatan pembelajaran aktif dengan pendekatan saintifik diperlukan agar siswa memiliki kemampuan berpikir logis kritis dan analitis. Daya serap siswa pada indikator yang berkaitan dengan Hukum Newton di Kota Malang masih rendah. Hasil pengamatan wawancara kepada guru SMA materi Hukum Newton memerlukan multimedia dalam pembelajaran. Hal ini disebabkan banyak konsep yang bersifat abstrak. Oleh karena itu diperlukan media pembelajaran yang dapat memvisualisasikan konsep-konsep abstrak di dalam pelaksanaan pembelajaran di dalam kelas. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model penelitian Borg dan Gall. Model pengembangan hanya menggunakan 4 tahap dari 10 tahap yang ada yaitu studi pendahuluan survey lapangan pengembangan pembuatan media dan pengujian. Jenis data yang diambil merupakan data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif memperoleh penilaian validator ahli sedangkan data kualitatif merupakan komentar dan saran dari validator ahli dan siswa. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah angket validasi materi dan media serta angket respon siswa. Pelaksanaan uji coba produk terbatas dilakukan di SMAN 02 Batu kelas X dengan jumlah 63siswa. Berdasarkan hasil data dan analisis data yang diperoleh dari validator ahli rerata persentase kelayakan materi secara keseluruhan sebesar 83 32% dan rerata persentase kelayakan media secara keseluruhan sebesar 81 22%. Kelebihan penggunaan produk dalam proses pembelajaran adalah tanpa terkoneksi dengan internet dan efisien waktu. Sedangkan kelemahannya adalah pelaksanaan uji coba produk pada penelitian ini masih pada uji coba terbatas. Diharapkan pada penelitian selanjutnya dapat diuji coba lebih luas. ABSTRACT Dwiviananda Lanang. 2017. Development of Macromedia Swishmax 4-aided Multimedia Based on Scientific Approach to Newton s Laws Material Curriculum 2013 Revisions. Thesis Physics Department Faculty of Mathematics and Sciences State University of Malang Supervisor (I) Drs. H. Winarto M.Pd. (II) Nandang Mufti S.Si M. T Ph.D. Keywords multimedia learning scientific approach newton s laws The scientific approach is a form of organizing a learning experience that includes components of observing questioning gathering information reasoning and communicating. Strengthening active learning with the scientific approach is needed so that students have the ability to think logically critically and analytically. Absorptive capacity of the students on the indicator related to Newton s Law in Malang is still low. Interview observation results to high school teachers Newton s Laws materials require multimedia in learning. This is due to many abstract concepts. Therefore it is necessary to learn the media that can visualize abstract concepts in the implementation of learning in the classroom. This research and development use Borg and Gall research model. The development model uses only 4 stages from the 10 existing stages preliminary study field survey media development and testing. The type of the data taken is quantitative and qualitative data. Quantitative data obtained expert validator ratings while qualitative data were comments and suggestions from expert and student validators. The instruments used in the data collection are questionnaire of material and media validation and students response questionnaire. The implementation of limited product trial was conducted in SMAN 02 Batu class X with the number of 63 students. Based on the data and data analysis obtained from the expert validator average of percentage of overall material feasibility is 83 32% and the average of percentage of overall media feasibility is 81 22%. The excess use of products in the learning process is not connected to the internet and time efficiency. While the weakness is the implementation of product trials in this study is still on a limited trial. It is expected that further research can be examined more widely.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Jul 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18787

Actions (login required)

View Item View Item