Pengaruh strategi konflik kognitif dalam model pembelajaran discovery learning terhadap pemahaman konsep siswa kelas X SMAN 4 Malang pada materi suhu dan kalor / Puspita Wulandari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh strategi konflik kognitif dalam model pembelajaran discovery learning terhadap pemahaman konsep siswa kelas X SMAN 4 Malang pada materi suhu dan kalor / Puspita Wulandari

Wulandari, Puspita (2017) Pengaruh strategi konflik kognitif dalam model pembelajaran discovery learning terhadap pemahaman konsep siswa kelas X SMAN 4 Malang pada materi suhu dan kalor / Puspita Wulandari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Wulandari Puspita. 2016. Pengaruh Strategi Konflik Kognitif Dalam Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Kelas X SMAN 4 Malang Pada Materi Suhu dan Kalor. Skripsi. Jurusan Fisika. FMIPA. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Agus Suyudi M.Pd (II) Drs. Asim M.Pd Kata Kunci Strategi Konflik Kognitif Pemahaman Konsep Suhu dan Kalor Pemahaman konsep merupakan kemampuan berpikir dalam ranah kognitif yang menunjukkan hubungan sederhana antara fakta konsep dan konsepsi secara ilmiah. Walaupun pemahaman konsep bukanlah sesuatu yang mudah tetapi harus tumbuh secara bertahap dan semakin dalam. Kesalahan konsepsi merupakan keadaan dimana pemikiran siswa mengenai suatu konsep berbeda dengan konsep ilmiah. Hal ini jika berkelanjutan dapat menyulitkan siswa untuk belajar konsep-konsep fisika lain yang berkaitan. Strategi konflik kognitif merupakan salah satu alternatif pembelajaran dimana siswa akan dihadapkan dengan fenomena yang dapat merangsang siswa menemukan konsep yang benar dengan bantuan pemberian video gambar demonstrasi percobaan dan tanya jawab yang disampaikan oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi konflik kognitif dalam model pembelajaran discovery learning terhadap pemahaman konsep siswa tentang kalor dalam kehidupan sehari-hari. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Penelitian ini merupakan eksperimen semu dan dirancang menggunakan desain penelitian Posttest Only Control Group. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X pola 6 semester SMAN 4 Malang. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik Purposive Random Sampling. Data pemahaman konsep melalui tes pemahaman konsep dalam bentuk pilihan ganda yang disertai alasan dan dianalisis menggunakan uji-t untuk uji hipotesis. Hasil penelitian ini setelah dilakukan uji hipotesis menyatakan bahwa thitung 2.191 1.668 (ttabel 66 .05). Terdapat perbedaan pemahaman konsep siswa kelas X SMAN 4 Malang dengan pembelajaran menggunakan strategi konflik kognitif dibandingkan pemahaman konsep siswa kelas konvensional.Nilai rata-rata tes pemahaman konsep x 773 _eksperimen 72.06 64.59 (x 773 _kontrol). Pemahaman konsep siswa kelas X dengan pembelajaran menggunakan strategi konflik kognitif lebih baik dibandingkan dengan pemahaman konsep siswa kelas konvensional. ABSTRACT Wulandari Puspita. 2016. The Effect of Cognitive Conflict Strategy in Discovery Learning Model on Conceptual Understanding of X Grade Students SMAN 4 Malang in Topic Heat And Temperature. Thesis. Physics Major. Faculty of Mathematics and Science. Universitas Negeri Malang. Advisors (I) Drs. Agus Suyudi M.Pd (II) Drs. Asim M.Pd Key Word Cognitive Conflict Strategy Conceptual Understanding Heat and Temperature Concept of comprehension is an ability to think in the cognitive domain which shows a simple relantionship between facts and concepts should be matched with the scientific concepts. Eventhough the concept of comprehension is not an easy task but it grows gradually. Misconception is a condition where the students thinking is different with the scientific concepts. If this matter continues it could be burdensome the students in learning other physics concepts. Cognitive conflict strategy is a learning alternative where students will be faced with a phenomenon that can excite the students to find the right concept with the help of videos pictures demonstrations experiments along with questions and answers submitted by teachers. The purpose of this study was to know the influences of cognitive conflict strategy in discovery learning to the students concept of comprehension about heat in daily life. Research method which was used in this study is quantitative. This study was a quasi-experimental research and was designed using Posttest Only Control Group. The population was grade X-6 semester of SMAN 4 Malang. The sample was conducted by Purposive Random Sampling Technique. The data taken with multiple-choice test which the reason analyzed using t-test to hypotheses test. The result of this study after a test the hypotesis states that tcount 2.191 1.668 (ttable 66 .05). Found diverification in the students concept of comprehension at X graders students of SMAN 4 Malang used cognitive conflict strategy considering to the students comprehension with conventional class. The mean value test of concept of comprehension isx 773 _eksperimen 72.06 64.59 (x 773 _kontrol). The students concept of comprehension with cognitive conflict strategy better than The students who was been taught by conventional class.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Jul 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18784

Actions (login required)

View Item View Item