Pengaruh formative feedback berbasis web terhadap pemahaman konsep siswa kelas X SMAN 1 Lawang tentang gravitasi Newton / Wahyu Eka Fath Dieni - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh formative feedback berbasis web terhadap pemahaman konsep siswa kelas X SMAN 1 Lawang tentang gravitasi Newton / Wahyu Eka Fath Dieni

Dieni, Wahyu Eka Fath (2017) Pengaruh formative feedback berbasis web terhadap pemahaman konsep siswa kelas X SMAN 1 Lawang tentang gravitasi Newton / Wahyu Eka Fath Dieni. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Dieni Wahyu E.F. 2017. Pengaruh Formative Feedback Berbasis Web Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Kelas X SMAN 1 Lawang Tentang Gravitasi Newton. Skripsi. Program Studi Pendidikan Fisika Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Sujito S.Pd. M.Pd (II) Sugiyanto S.Pd. M.Si. Kata kunci formative feedback pemahaman konsep. Feedback merupakan bagian yang penting dalam kegiatan asesmen. Selama ini feedback dalam kegiatan asesmen hanya berupa nilai untuk merangking siswa bukan untuk mengubah pola belajar siswa. Sehingga siswa banyak yang kurang dalam pemahaman konsep. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh formative feedback berbasis web terhadap pemahaman konsep siswa SMA kelas X SMAN 1 Lawang tentang gravitasi newton. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian expost facto yaitu jenis penelitian yang tidak memberikan perlakuan apapun terhadap subjek penelitiannya. Penelitian dilakukan di SMAN 1 Lawang dengan subjek penelitian adalah siswa kelas X MIA 1 X MIA 2 X MIA 3 dan X MIA 4. Setiap kelas terdiri dari 36 siswa sehingga jumlah subjek dalam penelitian ini adalah 144 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen pemahaman konsep yang berupa tes pilihan ganda. Instrumen pemahaman konsep merupakan instrumen utama. Data penelitian ini adalah perbedaan pemahaman konsep siswa antar kelompok. Kelompok kelompok siswa ini terbentuk dengan berdasar pada banyaknya feedback yang diterima siswa. Hasil dari penelitian ini adalah perbedaan pemahaman konsep siswa. Siswa yang mendapat formative feedback berbasis web secara lengkap memiliki pemahaman konsep yang lebih tinggi daripada siswa yang hanya mendapat feedback berbasis web satu kali dan yang tidak mendapat feedback berbasis web sama sekali. Hal ini dibuktikan dengan perhitungan nilai rata rata hasil posttest nilai rata-rata siswa yang mendapat formative feedback secara lengkap lebih tinggi daripada nilai rata-rata siswa yang hanya mendapat satu feedback berbasis web dan tidak mendapat feedback berbasis web sama sekali. Dari hasil uji anava satu jalur nilai F0 sebesar 45 04 dengan taraf signifikasi 0 05 dan nilai Ftabel sebesar 3 08. Nilai F0 didapat dari perhitungan menggunakan rumus anava satu jalur sedangkan nilai Ftabel didapat dari tabel uji anava satu jalur dengan taraf signifikasi 0 05. Dari perhitungan didapat nilai F0 Ftabel maka harga F0 yang diperoleh sangat signifikan yang berarti ada pengaruh formative feedback antara ketiga kelompok. ABSTRACT Dieni Wahyu E.F. 2017. The Effect of Web based Formative Feedback to Conceptual Understanding About Newton Gravitation on Tenth Class of SMAN 1 Lawang. Thesis. Program Studi Pendidikan Fisika Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Advisor (I) Sujito S.Pd. M.Pd (II) Sugiyanto S.Pd. M.Si. Kata kunci formative feedback pemahaman konsep. Feedback is an important part of the assessment activity. During this time feedback in assessment activities is only a value to rank students not to change the system of student learning. So many students are lacking in conceptual understanding. The purpose of this research is to discover the effect of web based formative feedback to Conceptual understanding of Newton gravitational law on eleventh class of SMAN 1 Lawang. This research use ex-post facto method that is the kind of research that does not give any treatment to the research subject. The research was conducted at SMAN 1 Lawang with the subjects of the study were students of class X MIA 1 X MIA 2 X MIA 3 and X MIA 4. Every class consist 36 students so the sum of subject is 144 students. Instrument which used in this research is instrument of conceptual understanding in the form of multiple choice test. This research use main instrument to measure students conceptual understanding. The data of this research is the difference of conceptual understanding between student cluster. These student groups are formed based on the amount of feedback students receive. The result of this research is the difference of students conceptual understanding. Students who obtained comprehensive web based formative feedback has higher conceptual understanding than students who obtained partial formative feedback and students who didn t obtain feedback. This statement is proved by the calculation result of mean score students who obtained comprehensive web based formative feedback have higher mean score than students who obtained partial formative feedback and students who didn t obtain feedback. Based on one-way ANOVA test F0 value is 45 04 with significance 0 05 and Ftable value is 3 08. As F0 Ftable then formative feedback has effect to that three clusters. KATA PENGANTAR Alhamdulillah atas rahmat dan hidayah-Nya serta shalawat dan salam tercurahkan kepada Nabi Muhammad SAW. Ucap syukur tak pernah habis penulis ungkapkan atas selesainya skripsi ini. Penelitian skripsi ini dimaksudkan untuk mengetahui pengaruh formative feedback berbasis web terhadap pemahaman konsep siswa. Dalam pelaksanaannya penelitian dalam skripsi ini menggunakan jenis penelitian ex post facto. Skripsi ini terdiri dari 6 bab 26 subab dan 27 rujukan. Bab 1 berisi tentang latar belakang penulisan skripsi bab 2 berisi mengenai kajian pustaka bab 3 berisi tentang metode penelitian yang digunakan bab 4 berisi hasil penelitian beserta analisis datanya bab 5 berisikan pembahasan mengenai hasil penelitian dan bab yang terakhir berisikan kesimpulan atas hasil penelitian. Penulisan skripsi ini dapat diselesaikan berkat bantuan berbagai pihak untuk itu penulis menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu terutama 1Bapak Sujito S.Pd. M.Si selaku pembimbing satu yang tak pernah lelah untuk memberikan bimbingan. 2.Bapak Sugiyanto S.Pd. M.Si selaku pembimbing dua yang tak pernah lelah untuk memberikan bimbingan. 3.Ibu Andi selaku guru fisika SMAN 1 Lawang dan segenap keluarga besar SMAN 1 Lawang yang telah membantu dalam penelitian. 4.Bapak Sutomo dan Ibu Wahyuni selaku kedua orang tua penulis yang selalu memberikan motivasi dan dukungan baik berupa moral ataupun materi. 5.Semua pihak yang telah membantu dan memberikan dorongan serta motivasi bagi penulis. Penulis sangat berterima kasih jika ada masukan pada skripsi ini. Demikian yang bisa penulis sampaikan. Penulis DAFTAR ISI Halaman ABSTRAKi KATA PENGANTARiii DAFTAR ISIv DAFTAR TABELvii DAFTAR GAMBARviii DAFTAR LAMPIRANix BAB I PENDAHULUAN Latar Belakang 1 Tujuan 5 Hipotesis Penelitian 5 Manfaat Penelitian 6 Asumsi Penelitian 7 Ruang Lingkup Penelitian 7 Definisi Operasional 7 BAB II KAJIAN PUSTAKA Asesmen 9 Asesmen Formatif 12 Formative Feedback 14 Formative Feedback Berbasis Web 15 Pemahaman Konsep 16Pengaruh Formative Feedback Berbasis Web Terhadap Pemahaman Konsep Siswa 18 Gravitasi Newton 19 BAB III METODE PENELITIAN Rancangan Penelitian 24 Variabel Penelitian 24 Populasi dan Sampel 25 Data Pengelompokan Siswa 25 Instrumen Penelitian 25Pengumpulan Data 28 Analisis Data 30 BAB IV ANALISIS DATA Deskripsi Data 33 Uji Hipotesis 34 BAB V PEMBAHASAN Pengaruh Formative Feedback Berbasis Web Terhadap Pemahaman Konsep Siswa 37 BAB VI PENUTUP Kesimpulan41Saran41 DAFTAR RUJUKAN 42 LAMPIRAN 44 DAFTAR TABEL Tabel Halaman 3.1 Kriteria Reliabilitas Soal 27 3.2 Kriteria Tingkat Kesukaran Soal 28 3.3 Kriteria Daya Beda Butir Soal 28 4.1 Hasil Uji Normalitas 34 4.2 Hasil Uji Homogenitas 34 4.3 Hasil Uji Anava Satu Jalur Terhadap Pemahaman Konsep Siswa 35 4.4 Hasil Nilai Rerata Kelompok 1 Kelompok 2 dan Kelompok 3 36 DAFTAR GAMBAR Halaman 2.1 Alur Tes Formatif 12 2.2 Planet Mengelilingi Matahari 21 2.2 Pendekatan Orbit Planet Terhadap Matahari 22 DAFTAR LAMPIRAN Halaman 1.Instrumen Pemahaman Konsep Siswa 44 2 Contoh Formative Feedback Berbasis Web 59 3.Data Hasil Pengelompokan Sisw60 4.Hasil Postest Siswa62 5.Validasi Empiris64 6.Hasil Uji Anava Satu Jalur66 7.Surat Penelitian69

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Jul 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18783

Actions (login required)

View Item View Item