Pengaruh pembelajaran generatif dipadu dengan blended learning terhadap prestasi belajar fisiks siswa / Rizki Intan Rahmadani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pembelajaran generatif dipadu dengan blended learning terhadap prestasi belajar fisiks siswa / Rizki Intan Rahmadani

Rahmadani, Rizki Intan (2017) Pengaruh pembelajaran generatif dipadu dengan blended learning terhadap prestasi belajar fisiks siswa / Rizki Intan Rahmadani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rahmadani Rizki Intan. 2017. Pengaruh Pembelajaran Generatif Dipadu dengan Blended Learning Terhadap Prestasi Belajar Fisika Siswa. Skripsi Jurusan Fisika Program Studi Pendidikan Fisika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Edi Supriana M.Si (2) Drs. Winarto M.Pd Kata kunci pembelajaran generatif blended learning prestasi belajar Fisika adalah salah satu mata pelajaran yang diajarkan di Indonesia khususnya pada jenjang Sekolah Menengah Atas jurusan IPA. Berdasarkan data guru fisika semester gasal 2016/2017 nilai hasil ulangan harian pada materi vektor menunjukkan tingkat kelulusan hanya berkisar 40%. Data tersebut menunjukan prestasi belajar siswa tergolong rendah. Salah satu cara untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah menerapkan pendekatan dan model pembelajaran yang tepat. Penerapan blended learning berguna untuk membantu siswa menemukan sumber belajar yang banyak selain buku dan menyediakan media pembelajaran secara virtual. Pembelajaran generatif berguna untuk membantu siswa membentuk pengetahuannya sendiri dan belajar mandiri. Tujuan dilaksanakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran generatif dipadu dengan blended learning terhadap prestasi belajar fisika siswa pada materi usaha dan energi kelas X MIPA SMA PGRI 1 Lumajang. Rancangan penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah eksperimen semu (quasy experiment design) yang melibatkan dua kelompok satu sebagai kelompok kontrol dan satu sebagai kelompok eksperimen. Rancangan yang digunakan adalah pretest-posttest control group design yaitu memberikan perlakuan pembelajaran generatif yang dipadu dengan blended learning pada kelompok eksperimen dan pembelajaran metode konvensional kepada kelompok kontrol. Materi yang diajarkan dalam penelitian ini adalah usaha dan energi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA 1 dan X MIPA 2 SMA PGRI 1 Lumajang masing-masing kelas berjumlah 34 siswa. X MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan X MIPA 2 sebagai kelas kontrol. Pemilihan kelompok eksperimen dan kontrol dilakukan menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen lembar pengamatan proses pembelajaran pada kelas eksperimen dan instrumen tes yang terdiri atas 20 butir soal pilihan ganda Hasil analisis data menunjukkan terdapat perbedaan prestasi belajar antara kelas kontrol dan kelas eksperien prestasi belajar fisika siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran generatif yang dipadu dengan blended learning lebih tinggi dari siswa yang belajar secara konvensional. Hal ini ditunjukan oleh hasil uji t yang berbeda secara signifikan. Deskripsi proses pembelajaran menggunakan pembelajaran generatif yang dipadu dengan blended learning meliputi pretes (tatap muka) pemberian motivasi atau apresepsi terkait materi ajar (tatap muka) pengungkapan ide (tatap muka) pemberian LKS atau konflik kognitif(online) persentasi dan diskusi (tatap muka online) penguatan materi oleh guru (tatap muka) dan terakhir posttes. ABSTRACT Rahmadani Rizki Intan. 2017. The Effects of Generative Learning Combined with Blended Learning on Student Physics Learning Achievement. Thesis Department Of Physics Engineering Physics Education Study Program State University OfMalang. Supervisor (1) Dr. Edi Supriana M.Si (2) Drs. Winarto m. Pd Keywords generative learning blended learning learning achievements Physics is one of the subjects taught in Indonesia especially at secondary school level the Department of Natural Science. Based on the data of physics teacher odd semester 2016/2017 the value of result vector material daily repeats showed onlya passing rate ranges from 40%. Based on such data showed the achievements ofstudents classified as low. This is the case is allegedly due to lack of innovation in the learning model applied. One way to overcome these problems is to apply the approach and the right learning model. The application of blended learning is useful to help students find learning resources that many other than books and provides virtual learning media. Generative learning is useful to help students find their own concept that students have and look for seeking the truth. Through generative learning will note the misconception of students. Afterwards will be fixed through an evaluation conducted a joint teacher students. The design of the research used in this study was quasi experiment (quasy experiment design) that involved two groups one as a control group and experimental group as one. The design used is a pretest-posttest control group design namely providing treatment that combined with generative learning blended learning and learning experiments of the conventional methods to the control group. The material taught in this study is the effort and energy. The subject of this research is the grade of X MIPA 1 and X MIPA 2 SMA 1 PGRI Lumajang as much as 68 students each class amounted to 34 students. X MIPA 1 as experimental class and X MIPA 2 as the class of the control. The selection of experimental and control groups was performed using a purposive sampling technique. The instruments used in this research is the observation sheet instruments the learning process in the classroom experiment and test instrument consisting of a 20-question multiple choice. Based on the results of the analysis showed there is a difference between learning achievements increased the control and class eksperien class learning achievementsof students who learn to use generative learning model that combined with higherblended learning of students studying conventionally. This is indicated by a t test results that differ significantly. (2) a description of the learning process using generative learning combined with blended learning include pretes (face-to-face) the giving motivations or related learning materials presepsi (face-to-face) disclosure of ideas (face-to-face) administering cognitive conflict (online) presentation and discussions (face-to-face online) strengthening the material by teachers (face-to-face) and lastly posttes.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Jul 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18782

Actions (login required)

View Item View Item