Analisis kemampuan mahasiswa Pendidikan Fisika peserta Kajian Praktik Lapangan (KPL) tahun ajaran 2016/2017 dalam mengembangkan Lembar Kerja Siswa (LKS) / Putri Izzafatia - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis kemampuan mahasiswa Pendidikan Fisika peserta Kajian Praktik Lapangan (KPL) tahun ajaran 2016/2017 dalam mengembangkan Lembar Kerja Siswa (LKS) / Putri Izzafatia

Izzafatia, Putri (2017) Analisis kemampuan mahasiswa Pendidikan Fisika peserta Kajian Praktik Lapangan (KPL) tahun ajaran 2016/2017 dalam mengembangkan Lembar Kerja Siswa (LKS) / Putri Izzafatia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Izzafatia Putri. 2017. Analisis Kemampuan Mahasiswa Pendidikan Fisika Peserta Kajian Praktik Lapangan (KPL) Tahun Ajaran 2016/2017 dalam Mengembangkan Lembar Kerja Siswa (LKS). Skripsi Program Studi Pendidikan Fisika Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Sugiyanto S.Pd M.Si. (II) Dr. Parno M.Si. Kata Kunci Mahasiswa Pendidikan Fisika Lembar Kerja Siswa Kajian Praktik Lapangan KPL bertujuan untuk mengembangkan kompetensi mahasiswa dalam melaksanakan pembelajaran secara nyata dan utuh dalam kerangka lesson study. Dalam melaksanakan pembelajaran mahasiswa dituntut untuk memilih bahan ajar yang tepat bagi siswa. LKS merupakan bagian dari bahan ajar yang sering dikembangkan oleh guru. LKS merupakan bahan ajar yang dapat membantu guru dalam proses pembelajaran. Keuntungan LKS bagi siswa yaitu membantu memahami informasi tentang materi yang dipelajari. Berdasarkan pengamatan yang dilakukan peneliti di kelas XI MIA MAN 1 Malang LKS yang diberikan kepada siswa berisikan materi soal sehingga bagi siswa yang sering menggunakan LKS akan merasa bosan dan cara penyajian LKS yang monoton. Peneliti juga melakukan observasi kepada 40 mahasiswa pendidikan fisika peserta KPL tahun akademik 2016/2017 semester ganjil mahasiswa tersebut sering kali menggunakan LKS dalam pelaksanaan pembelajaran pada saat berlangsungnya KPL karena materi-materi fisika bersifat prosedural. Peneliti menyadari bahwa dalam kurun waktu terakhir ini penelitian yang menyentuh tentang analisis kemampuan mahasiswa pendidikan fisika masih belum ada. Berkaitan dengan itu maka diperlukan pembahasan mengenai analisis kemampuan mahasiswa pendidikan fisika dalam mengembangkan LKS. Masalah dalam penelitian ini adalah kemampuan mahasiswa pendidikan fisika dalam mengembangkan LKS. Masalah tersebut dirinci menjadi dua yaitu kemampuan prosedural mahasiswa pendidikan fisika dalam mengembangkan LKS dan kualitas LKS yang dikembangkan oleh mahasiswa pendidikan fisika peserta KPL. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian ex-postfacto satu variabel. Variabel dalam penelitian ini adalah kemampuan mahasiswa pendidikan fisika dalam mengembangkan LKS. Rancangan penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran angket dan wawancara untuk mengetahui kemampuan prosedural mahasiswa pendidikan fisika dalam mengembangkan LKS serta penilaian produk LKS yang dilakukan oleh tiga rater yang telah dilatih oleh peneliti untuk mengetahui kualitas produk LKS. Kegiatan analisis data dimulai dari tahap tabulasi data dan pengolahan data. Berdasarkan hasil analisis tersebut kemampuan mahasiswa pendidikan fisika dalam mengembangkan LKS diperoleh rata-rata sebesar 79 1 dan dapat dikategorikan cukup baik. Kemampuan mahasiswa pendidikan fisika dalam mengembangkan LKS terdiri dari dua macam yaitu sebagai berikut pertama Kemampuan prosedural mahasiswa pendidikan fisika dalam mengembangkan LKS diperoleh rata-rata sebesar 80 5 dan dapat dikategorikan cukup baik. Kedua kualitas kemampuan mahasiswa pendidikan fisika dalam mengembangkan LKS diperoleh rata-rata sebesar 77 8 dengan kategori cukup baik. ABSTRACT Izzafatia Putri. 2017. The Analysis Of The Capability Of Physics Education Students Conducting The Teaching Apprenticeship Of Academic Year 2016/2017 In Developing Students Worksheet .Thesis Physics Department Faculty of Mathematics and Natural Science Universitas Negeri Malang. Supervisor (I) Sugiyanto S.Pd M.Si. (II) Dr. Parno M.Si. Keywords Physical Education Students Students Worksheet Field Practice Study Field Practice Study aims to develop student s competence in implementing learning in a real and intact situation within the framework of lesson study. In carrying out the study students are required to select the appropriate teaching materials for students. Students Worksheet is part of the teaching materials often used by teachers. Students Worksheet is a resource that can help the teacher in the learning process. Its advantage for students is to help understand the information about the material being studied. Based on the observations conducted by the researcher at the class XI MIA MAN 1 Malang Students Worksheet given to students contains exercises so students who often use worksheet will feel bored with the monotonous way of presenting worksheets. The researcher also conducted an observation to 40 students of physics education which were in Field Practice Study semester 2016/2017 academic year the students often use the worksheets in the implementation of learning at the time of the Field Practice Study for procedural physics materials. The researcher realized that lately there is no research regarding the analysis of physics education student ability. According to that it is necessary to discuss the analysis of capabilities of physics education student participating in Field Practice Study in developing Students Worksheet. The problem in this research is the ability of physics education students in developing Students Worksheet. The problem is broken down into two which are procedural capabilities of physics education students in developing Students Worksheet and the quality of worksheet developed by students of physics education participating in Field Practice Study. This research uses ex-postfacto type with one variable. The variable in this study is the ability of physics education students in developing Students Worksheet. The study design used is descriptive quantitative. The data was collected by questionnaires and interviews to determine the procedural capabilities of physics education students in developing Students Worksheet and product assessment of Students Worksheet conducted by three raters who have been trained by the researchers to determine the quality of the worksheet. The data analysis activities started from the stage of data tabulation and data processing. Based on the results of the analysis the ability of physical education students in developing Students Worksheet gained an average of 79.1 and can be considered quite good. Physics education students ability to develop Students Worksheet consists of two kinds namely as follows first the procedural ability of physics education students in developing Students Worksheet gained an average of 80.5 and can be considered quite good. Second the quality of physics education students ability to develop Students Worksheet gained an average of 77.8 with a category of quite well.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Jul 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18781

Actions (login required)

View Item View Item