Pengaruh model inquiry dengan strategi rotating trio exchange terhadap prestasi belajar fisika kelas X-MIA SMA Laboratorium UM / Samsul Arief - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model inquiry dengan strategi rotating trio exchange terhadap prestasi belajar fisika kelas X-MIA SMA Laboratorium UM / Samsul Arief

Arief, Samsul (2017) Pengaruh model inquiry dengan strategi rotating trio exchange terhadap prestasi belajar fisika kelas X-MIA SMA Laboratorium UM / Samsul Arief. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Arief Samsul. 2017. Pengaruh Model Inquiry Dengan Strategi Rotating Trio Exchange Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X MIA SMA Laboratorium UM. Skripsi Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) Dr. H. Edi Supriana M. Si. (II) Sugiyanto S. Pd M.Si. Kata Kunci rotating trio exchange inquiry prestasi belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan dalam implementasi kurikulum K-13 revisi 2016. Pada kurikulum K-13 revisi 2016 pembelajaran berorientasi pada siswa bukan lagi pada guru. Siswa dituntut untuk membangun pengetahuannya sendiri sedangkan fungsi guru sebagai penyaji komunikator penilai dan fasilitator. Kurang siapnya siswa dengan tuntutan tersebut membuat pemahaman yang dibangun siswa belum sepenuhnya benar. Oleh karena itu peneliti berupaya menggunakan strategi pembelajaran yang bisa membuat siswa untuk bekerja sama dengan siswa lain untuk membangun pengetahuannya sendiri. Salah satu strategi yang bisa dipakai untuk membangun pengetahuan dengan kerjasama antar siswa adalah strategi pembelajaran Rotating Trio Exchange. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model inquiry dengan strategi rotating trio exchange. Pengaruh pada penelitian ini dilihat dari perbedaan prestasi belajar peserta didik yang menggunakan model Inquiry dengan strategi pembelajaran Rotating Trio Exchange dan prestasi belajar peserta didik yang menggunakan model konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperiment dengan desain non equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIA SMA Laboratorium UM. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling sebanyak 2 kelas yang terdiri dari kelas eksperimen yaitu kelas X MIA 3 dan kelas kontrol yaitu kelas X MIA 1. Teknik pengumpulan data menggunakan tes lembar observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data mencakup uji prasyarat dan uji hipotesis. Dalam uji prasyarat terdiri dari uji normalitas menggunakan tes Kolmogorov-Smirnov dan uji homogenitas menggunakan uji F. Setelah memenuhi uji prasyarat kemudian dilakukan uji hipotesis mengunakan uji-t (ttest). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa prestasi belajar peserta didik yang menggunakan model inquiry strategi pembelajaran rotating trio exchange lebih tinggi dari model konvensional. Dapat disimpulkan bahwa model inquiry dengan strategi rotating trio exchange dapat mempengaruhi prestasi belajar peserta didik. Pengaruh tersebut terlihat dari meningkatnya prestasi belajar prestasi didik secara signifikan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Jul 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18778

Actions (login required)

View Item View Item