Pengaruh model pembelajaran levels of inquiry-interactive demonstration terhadap pemahaman konsep fisika peserta didik SMA Negeri 1 Batu / Ernawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran levels of inquiry-interactive demonstration terhadap pemahaman konsep fisika peserta didik SMA Negeri 1 Batu / Ernawati

Ernawati (2017) Pengaruh model pembelajaran levels of inquiry-interactive demonstration terhadap pemahaman konsep fisika peserta didik SMA Negeri 1 Batu / Ernawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ernawati. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Levels of Inquiry-Interactive Demonstration terhadap Pemahaman Konsep Fisika Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 1 Batu. Skripsi Pendidikan Fisika Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Agus Suyudi M.Pd (II) Asim M.Pd. Kata Kunci levels of inquiry interactive demonstration pemahaman konsep. Pembelajaran yang baik mendorong peserta didik untuk mengonstruksi pengetahuannya secara mandiri. Sebagaimana dalam Kurikulum 2013 peran guru berubah dari sebagai pemberi informasi menjadi seorang fasilitator belajar bagi peserta didik. Peran aktif peserta didik sangat mendukung pengetahuan yang akan dihasilkan dalam proses belajar. Oleh karena itu pemilihan model pembelajaran sangat berpengaruh dalam pengetahuan dan pemahaman peserta didik. Interactive Demonstation sebagai salah satu solusi yang mampu membuat peserta didik lebih memahami konsep secara nyata dengan bimbingan dari guru. Fokus dari Interactive Demonstation untuk membuat peserta didik terlibat dalam penjelasan dan pembuatan prediksi yang memungkinkan untuk memperoleh mengidentifikasi menghadapi dan menyelesaikan konsep alternatif (pengalaman pengetahuan sebelumnya). Keterlibatan aktif peserta didik dalam pembelajaran bertujuan untuk membangun pengetahuan yang akan memudahkan peserta didik untuk memahami konsep dengan baik. Jenis penelitian ini Quasi Experimen Design dengan desain Postest-only Control group design. Jenis data penelitian berupa data kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini meliputi seluruh peserta didik kelas X MIPA 3 dan X MIPA 4 yang masing-masing berjumlah 34 peserta didik yang sekaligus sebagai sampel terdiri dari kelas X MIPA 3 sebagai kelas eksperimen dan X MIPA 4 sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive sampling. Teknik ini dilakukan secara sengaja dengan mengambil 2 kelas yang memiliki rata-rata tertinggi. Dua kelas tersebut adalah kelas X MIPA 3 dan X MIPA 4. Model pembelajaran Level of Inquiry-Interactive Demonstration diterapkan pada kelas X MIPA 3 sebagai kelas eksperimen dan X MIPA 4 sebagai kelas kontrol diterapkan pembelajaran konvensional. Instrumen pengukuran berupa soal tes. Uji hipotesis pada penelitian ini yaitu menggunakan uji-t untuk menguji perbedaan rerata dua sampel. Berdasarkan uji hipotesis yang telah dilakukan diperoleh thit 3 31 ttabel 1 69. Maka dapat disimpulkan pemahaman konsep fisika peserta didik kelas X MIPA SMAN 1 BATU yang menggunakan pembelajaran LoI-Interactive Demonstration lebih tinggi daripada peserta didik yang menggunakan pembelajaran konvensional. ABSTRACT Ernawati. 2017. The effect of Levels of Inquiry- Interactive Demonstration Learning Model on Physic Concept Understanding of Tenth Graders of SMAN 1 Batu. Thesis Education of Physic Physics Faculty of Mathematics and Science Universitas Negeri Malang. Advisors (I) Drs. Agus Suyudi M.Pd (II) Drs. Asim M.Pd. Key Words levels of inquiry interactive demonstration concept understanding A good learning encourages students to construct knowledge by themselves. As it is stated in Curriculum 2013 teachers role has changed from knowledge giver to students learning facilitators. In this case students active role supports any knowledge which will be produced in the learning process. That is why any learning models chosen can affect students knowledge and understanding. Then Interactive Demonstration is one of the alternative learning models which can help students understand any real concepts better by teachers guidance. In this study the kind of Level of Inquiry becoming the focus of this study is Interactive Demonstration. Interactive Demonstration can make students involved in explanation and prediction making which are likely for them to gain identify face and solve their prior knowledge. That students active role in the learning process is to construct knowledge which helps students understand the concepts well. The research design used was a Quasi Experimental Research by using Posttest- Only Control Group Design. The data collected were quantitative data. Besides the populations of this research were all tenth graders of SMAN 1 Batu. On the other hand the samples of this research were 34 students of X MIPA 3 and X MIPA 4. The technique used to take samples was Purposive Sampling which was done by taking two classes with highest average score of Physic examination. As a result X MIPA 3 and X MIPA 4 were chosen. Then X MIPA 3 was chosen as the experimental class taught by using Level of Inquiry- Interactive Demonstration. Meanwhile X MIPA 4 was chosen as the control class taught by using conventional learning. Then to know students concept understanding instrument used was an essay test. In this study the hypothesis test used was t- test. It was done to know the difference of the averages of both samples. As a result it was found that thit 3.31 ttable 1.69. Then it can be concluded that the concept understanding of X MIPA 3 students of SMAN 1 Batu taught by using Levels of Inquiry- Interactive Demonstration is higher than those taught by using conventional learning model.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Jun 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18776

Actions (login required)

View Item View Item