Pengaruh model pembelajaran Think Pair Share (TPS) dalam interactive demonstration terhadap kemampuan pemecahan masalah Fisika peserta didik kelas XI MIA SMAN 9 Malang / Revianti Ainul MaÔÇÖrifah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran Think Pair Share (TPS) dalam interactive demonstration terhadap kemampuan pemecahan masalah Fisika peserta didik kelas XI MIA SMAN 9 Malang / Revianti Ainul MaÔÇÖrifah

MaÔÇÖrifah, Revianti Ainul (2017) Pengaruh model pembelajaran Think Pair Share (TPS) dalam interactive demonstration terhadap kemampuan pemecahan masalah Fisika peserta didik kelas XI MIA SMAN 9 Malang / Revianti Ainul MaÔÇÖrifah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ma rifah Revianti Ainul. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share dalam Interactive Demonstration terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Kelas XI MIA SMAN 9 Malang Skripsi Jurusan Fisika Program Studi Pendidikan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Kadim Masjkur M.Pd (II) Drs. Asim M.pd. Kata Kunci think pair share interactive demonstration kemampuan pemecahan masalah Pembelajaran fisika merupakan proses interaksi peserta didik dengan guru dan sumber belajar pada lingkungan belajar yang berawal dari lingkungan alam. Supaya dapat memahami dan menerapkan pengetahuan peserta didik di dorong untuk bekerja memecahkan masalah dan menemukan segala sesuatu untuk dirinya. Dalam pembelajaran fisika diperlukan model dan metode pembelajaran yang tepat supaya peserta didik dapat memahami materi dengan mudah dan dapat memecahkan suatu permasalahan. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah menerapkan model pembelajaran Think Pair Share dalam Interactive Demonstration. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui apakah terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah fisika antara peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan pretest-posttest design dan melibatkan variabel bebas yaitu model pembelajaran Think Pair Share dalam Interactive Demonstration dan variabel terikat yaitu kemampuan pemecahan masalah. Populasi dalam penelitian terdapat 6 kelas dengan jumlah peserta didik adalah 192. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling yaitu mengambil 2 kelas yang memiliki nilai rata-rata tertinggi dari nilai ulangan harian pada materi Hukum Gravitasi Newton. Sampel penelitian berjumlah 58 peserta didik yang terdiri dari 29 peserta didik pada kelas eksperimen dan 29 peserta didik pada kelas kontrol. Data penelitian adalah nilai kemampuan pemecahan masalah fisika pada materi Kesetimbangan dan Dinamika Rotasi. Pengambilan data penelitian dilakukan dengan menggunakan teknik pretest dan posttest. Nilai pretest digunakan untuk mengetahui kemampuan awal peserta didik dan nilai posttest untuk mengetahui tingkat kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Instrumen yang digunakan berupa butir soal yang teridiri dari 8 soal dan sudah diujicobakan serta dianalisis. Selanjutnya data dianalisis dengan uji normalitas uji homogenitas dan uji hipotesis. Hasil analisis data menunjukkan bahwa data nilai pretest dan posttest terdistribusi normal serta homogen. Nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 66 93 dan nilai rata-rata kelas kontrol adalah 63 20. Hasil uji hipotesis dengan uji t diperoleh hitungan bahwa t_hitung 0 77 dan t 2 05. 0 77 berada diantara -2 05 dan 2 05 sehingga H_0 diterima. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa tingkat kemampuan pemecahan masalah kelas eksperimen dan kelas kontrol tidak terdapat perbedaan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 20 Jun 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18774

Actions (login required)

View Item View Item