Pengaruh model pembelajaran interactive demonstration terhadap penguasaan konsep siswa kelas X pada materi hukum Newton / Adella Anggraeni - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran interactive demonstration terhadap penguasaan konsep siswa kelas X pada materi hukum Newton / Adella Anggraeni

Anggraeni, Adella (2017) Pengaruh model pembelajaran interactive demonstration terhadap penguasaan konsep siswa kelas X pada materi hukum Newton / Adella Anggraeni. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Anggraeni Adella. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Interactive Demonstration terhadap Penguasaan Konsep Siswa Kelas X pada Materi Hukum Newton. Skripsi. Program Studi Pendidikan Fisika Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Agus Suyudi M.Pd. (II) Drs. Purbo Suwasono M.Si. Kata Kunci Interactive Demonstration Penguasaan Konsep Hukum Newton Model pembelajaran yang inovatif sangat diperlukan untuk meningkatkan penguasaan konsep siswa terutama model pembelajaran Inquiry yang menekankan pembelajaran siswa aktif. Salah satu model pembelajaran inquiry adalah Interactive Demonstration. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pembelajaran Interactive Demonstration dan mengetahui penguasaan konsep siswa kelas X yang belajar menggunakan Interactive Demonstration pada materi Hukum Newton. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kuasi eksperimen dengan postest only control group design. Kelas yang digunakan dalam penelitian adalah kelas X IPA C sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPA E sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa yaitu 37 orang tiap kelas kedua kelas akan diberi perlakuan berbeda dimana pada kelas eksperimen akan dilakukan pembelajaran dengan model pembelajaran Interactive Demonstration dan pada kelas kontrol akan dilakukan pembelajaran dengan model pembelajaran konvensional (model pembelajaran yang biasa dilakukan guru di dalam kelas). Untuk mengetahui perbedaan penguasaan konsep siswa digunakan uji hipotesis yaitu uji t independen untuk mengetahui pengaruhnya. Pembelajaran inkuiri demonstrasi interaktif dilakukan melalui 5 tahapan yaitu observation manipulation generalization verification dan application. Hasil Posttest menunjukkan nilai rata-rata kelas eksperimen yaitu 73 57 lebih tinggi daripada kelas kontrol 61 08. Hasil uji hipotesis penguasaan konsep fisika di dapat thitung 4 134 1 994 ttabel menunjukkan bahwa penguasaan konsep siswa yang pembelajarannya menggunakan model interactive demonstration lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang melakukan pembelajaran dengan model pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Jun 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18771

Actions (login required)

View Item View Item