Pengaruh model pembelajaran simayang terhadap penguasaan konsep siswa kelas X MIPA SMA Negeri 6 Malang pokok bahasan usaha dan energi / Firda Ulya Nur Rosyidah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran simayang terhadap penguasaan konsep siswa kelas X MIPA SMA Negeri 6 Malang pokok bahasan usaha dan energi / Firda Ulya Nur Rosyidah

Rosyidah, Firda Ulya Nur (2017) Pengaruh model pembelajaran simayang terhadap penguasaan konsep siswa kelas X MIPA SMA Negeri 6 Malang pokok bahasan usaha dan energi / Firda Ulya Nur Rosyidah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rosyidah Firda Ulya Nur. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran SiMaYang terhadap Penguasaan Konsep Siswa Kelas X SMA Negeri 06 Malang Pokok Bahasan Usaha dan Energi Skripsi Program Studi Pendidikan Fisika Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Nuril Munfaridah S. Pd. M.Pd. (II) Dr. Lia Yuliati M.Pd. Kata kunci SiMaYang penguasaan konsep usaha dan energi Salah satu pokok bahasan fisika di SMA yang memiliki karakteristik abstrak dan membutuhkan cara penyajian khusus untuk menguasai konsepnya adalah pokok bahasan usaha dan energi. Pembelajaran dengan berbagai bentuk penyajian disebut dengan pembelajaran multi representasi. Pembelajaran multi representasi dapat membantu peserta didik menguasai konsep fisika. Kondisi demikian dapat dicapai karena pembelajaran multi representasi memiliki tiga fungsi utama yaitu sebagai pelengkap informasi pembatas interpretasi dan pembangun pemahaman yang lebih dalam. Salah satu model pembelajaran yang berbasis pendekatan multi representasi adalah model pembelajaran SiMaYang. Model pembelajaran ini memiliki 4 sintak yaitu (1) orientasi (2) eksplorasi-imajinasi (3) internalisasi dan (4) evaluasi. Model pembelajaran SiMaYang bertujuan untuk meningkatkan penguasaan konsep siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran SiMaYang terhadap penguasaan konsep siswa kelas X SMA Negeri 06 Malang pada topik usaha dan energi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuasi eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah post-test only control group design. Subjek penelitian adalah siswa kelas X yang dipilih secara purposive sampling. Kelas eksperimen berjumlah 31 siswa sedangkan kelas kontrol 30 siswa. Kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran SiMaYang dan kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional. Data keterlaksanaan pembelajaran di analisis berdasarkan persentase keterlaksanaan pembelajaran. Data penguasaan konsep di analisis dengan uji beda. Pembelajaran di kelas ekseperimen dan kelas kontrol terlaksana 89 24% dan 84 88%. Uji hipotesis menggunakan uji-t one tailed. Nilai signifikasi yang dihasilkan adalah 0 000

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Jun 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18770

Actions (login required)

View Item View Item