Pengaruh model pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE) dengan bantuan Numbered Heads Together (NHT) terhadap prestasi belajar fisika siswa SMA / Ika Rizky Widayanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE) dengan bantuan Numbered Heads Together (NHT) terhadap prestasi belajar fisika siswa SMA / Ika Rizky Widayanti

Widayanti, Ika Rizky (2017) Pengaruh model pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE) dengan bantuan Numbered Heads Together (NHT) terhadap prestasi belajar fisika siswa SMA / Ika Rizky Widayanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Widayanti Ika Rizky. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE) Dengan Bantuan Numbered Heads Together (NHT) Terhadap Prestasi Belajar Fisika Siswa SMA. Skripsi Program Studi Pendidikan Fisika Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Sulur S.Pd M.Si M.T.D. (II) Drs. Asim M.Pd Kata kunci Predict-Observe-Explain (POE) Numbered Heads Together (NHT) Prestasi Belajar Fisika Karakteristik pembelajaran kurikulum 2013 menekankan untuk memperkuat pendekatan ilmiah berbasis penyingkapan/penelitian dan menekankan pada keseimbangan antara keterampilan fisikal dan keterampilan mental. Pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE) dengan bantuan Numbered Heads Together (NHT) sesuai digunakan untuk menunjang peningkatan prestasi belajar fisika khususnya pada materi Hukum Newton. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh prestasi belajar fisika siswa SMA yang diajarkan menggunakan model pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE) dengan bantuan Numbered Heads Together (NHT) dibanding siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran yang biasa dilakukan di kelas. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan rancangan post-test only control group design. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X IPA F-16 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas X IPA D-16 sebagai kelas kontrol. Hasil prestasi belajar fisika siswa SMA diperoleh menggunakan tes pilihan ganda yang telah di validasi oleh ahli dan dianalisis menggunakan uji statistik uji-t. Hasil penelitian menunjukan terdapat peningkatan prestasi belajar yang signifikan antara kelompok siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE) dengan bantuan Numbered Heads Together (NHT) dibanding kelompok siswa yang belajar menggunakan metode pembelajaran yang biasa digunakan di kelas. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil uji hipotesis menggunakan uji-t karena thitung lebih besar dari ttabel (thitung 5 531 ttabel(0 01 74) 2 644). Dengan demikian model pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE) dengan bantuan Numbered Heads Together (NHT) berpengaruh terhadap prestasi belajar fisika siswa SMA.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Jun 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18769

Actions (login required)

View Item View Item