Ratnasari, Devi (2017) Pengembangan petunjuk praktikum fisika SMA dengan pendekatan kontekstual berbasios inkuiri terbimbing pada matarei Hukum Newton tentang Gerak / Devi Ratnasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Ratnasari Devi. 2017. Petunjuk Praktikum Fisika SMA dengan Pendekatan Kontekstual Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Materi Hukum Newton tentang Gerak. Skripsi Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Kadim Masjkur Drs. M.Pd (II) Arif Hidayat Prof Dr. M.Si Kata Kunci Petunjuk Praktikum Pendekatan Kontekstual Inkuiri Terbimbing. Berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan kepada guru mata pelajaran fisika di MA. Raudlatut Tholabah tidak ada petunjuk praktikum yang khusus digunakan dalam praktikum. Guru hanya menggunakan petunjuk praktikum yang tersedia dalam buku paket Fisika saja atau yang sudah disediakan oleh laboran. Peneliti mengembangkan petunjuk praktikum dengan mengaitkan permasalahan dengan pendekatan kontekstual sehingga peserta didik mampu menjawab pertanyaan pada tugas terstruktur serta petunjuk praktikum ini menggunakan metode pembelajaran inkuiri terbimbing Penelitian dan pengembangan yang disederhanakan menjadi 5 langkah. Produk ini menggunakan penelitian dan pengembangan dari Borg and Gall 1. penelitian dan pengumpulan data (research and information collecting). 2. perencanaan (planning). 3. pengembangan draf produk (develop preliminary from of product). 4. uji coba lapangan awal (preliminary field testing). 5. revisi hasil uji coba (main product revision). Pengembangan petunjuk praktikum ini menggunakan 2 jenis data yaitu data kualitatif yang berisikan saran dan kritik diperoleh dari uji kelayakan oleh pakar dan uji coba keterbacaan oleh peserta didik. Data kuantitatif berupa angka-angka 4-1 berdasarkan skala likert. Hasil validasi memiliki kriteria validasi produk oleh dosen sebesar 87 44 % kriteria validitas sangat baik. Nilai validasi produk oleh dosen memiliki rerata sebesar 76 04 % sedangkan nilai validasi guru memiliki rerata sebesar 98 85%. Untuk rerata uji keterbacaan petunjuk praktikum memiliki nilai rerata sebesar 92 00 % kriteria validitas keterbacaan adalah sangat baik dapat digunakan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 19 Jun 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/18766 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |