Pengembangan media pembelajaran fisika berbasis flash pada materi usaha dan energi kelas X SMA / Nur Diah Fatmawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran fisika berbasis flash pada materi usaha dan energi kelas X SMA / Nur Diah Fatmawati

Fatmawati, Nur Diah (2017) Pengembangan media pembelajaran fisika berbasis flash pada materi usaha dan energi kelas X SMA / Nur Diah Fatmawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Fatmawati N. D. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Flash pada Materi Usaha dan Energi Kelas X SMA. Skripsi Program studi pendidikan fisika Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Purbo Suwasono M. Si. (II) Dr. Markus Diantoro M. Si. Kata Kunci media flash animasi user friendly downloadable Media pembelajaran merupakan salah satu alat bantu pembelajaran bagi peserta didik di masa mendatang. Media pembelajaran fisika pada materi usaha dan energi juga masih belum dikuasai dengan baik oleh peserta didik. Media pembelajaran seharusnya dapat memberikan motivasi belajar yang dimiliki peserta didik untuk mencapai tujuan pembelajaran. Berdasarkan penelitian sebelumnya dan hasil observasi lapangan peserta didik dalam menerima materi pembelajaran masih belum optimal. Hal tersebut mengakibatkan capaian tujuan pendidikan belum sesuai dengan yang diharapkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran fisika berbasis flash pada materi usaha dan energi. Media ini juga karakteristik fitur animasi soal evaluasi pendekatan matematis menggunakan bahasa yang sederhana user friendly stand alone downloadable feedback soal evaluasi video dikemas dalam bentuk cd interaktif flashdisk atau link yang bisa di download dan dilengkapi dengan buku petunjuk penggunaan media. Oleh karena itu penelitian dilakukan untuk menghasilkan media pembelajaran fisika berbasis flash dan mendiskripsikan kelayakannya. Penelitian ini menggunakan penelitian Borg and Gall dengan mengadaptasi 3 langkah utama yang telah disesuaikan yaitu 1) studi pendahuluan 2) pengembangan produk dan 3) uji coba produk. Kelayakan tersebut diukur dengan menggunakan uji validitas ahli materi dan pakar media yang terdiri dari 1 dosen fisika dan 1 guru mata pelajaran fisika serta uji coba terbatas oleh pengguna media terdiri atas 35 peserta didik SMA Negeri 10 Malang. Data penelitian yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif berupa catatan komentar dan saran dari validator dan calon pengguna. Data kuantitatif berupa analisis rata-rata dan analisis persentase. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data berupa angket validasi media pembelajaran dan angket uji coba terbatas. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kualitatif dan teknik perhitungan persentase rata-rata. Telah berhasil dikembangkan media pembelajaran fisika berbasis flash yang memenuhi kriteria. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media mendapatkan nilai validitas dari ahli materi sebesar 81 83% dan nilai dari validasi ahli media sebesar 77 65%. Media yang dikembangkan mendapat nilai kepraktisan dari pengguna sebesar 83 2%. Kesimpulan dari penelitian dan pengembangan media yang telah dikembangkan dan direvisi memiliki kriteria yang baik sehingga layak untuk digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Jun 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18764

Actions (login required)

View Item View Item