Pengembangan media pembelajaran Swishmax dengan menggunakan pendekatan saintifik pada materi Listrik Statis / Ni Made Ayu Surayuwanti Putri - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran Swishmax dengan menggunakan pendekatan saintifik pada materi Listrik Statis / Ni Made Ayu Surayuwanti Putri

Putri, Ni Made Ayu Surayuwanti (2017) Pengembangan media pembelajaran Swishmax dengan menggunakan pendekatan saintifik pada materi Listrik Statis / Ni Made Ayu Surayuwanti Putri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Putri Ni Made A.S. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Swishmax Dengan Menggunakan Pendekatan Saintifik Pada Materi Listrik Statis. Skripsi Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) Drs. H. Winarto M.Pd. (II) Nandang Mutfi S.Si M.T Ph.D. Kata Kunci media listrik statis Penggunaan media pembelajaran yang interaktif dapat membantu siswa dalam proses pembelajaran dikarenakan media memiliki fungsi dan peran sebagai pengatur hubungan yang efektif antara dua pihak yaitu siswa dan isi pelajaran. Penggunaan media yang interaktif diharapkan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa khususnya pada mata pelajaran fisika materi listrik statis. Dari hasil penelitian awal menunjukan bahwa siswa masih mengalami kesulitan dalam mempelajari Listrik Statis. Faktor penyebab kesulitan diduga berasal dari pemahaman siswa pada konsep listrik statis masih relatif rendah dan kebiasaan siswa menyelesaikan masalah kurang sistematis. Selain itu proses pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik sesuai dengan kurikulum 2013. Berkaitan dengan itu maka di perlukan pengembangan media pembelajaran swishmax dengan menggunakan pendekatan saintifik pada materi listrik statis. Model pengembangan penelitian yang digunakan adalah model penelitian dan pengembangan Borg and Gall yang terdiri dari 10 tahap penelitian namun pada pengembangan ini hanya terdiri dari 4 tahap penelitian yaitu Studi Pustaka Surve lapangan Pengembangan/pembuatan Media dan pengujian. Pengumpulan data digunakan dengan menggunakan teknik wawancara dan mengisi angket oleh valdator dan pengguna. Instrumen yang digunakan untuk mengumpul data adalah transkrip wawancara dan angket. Berdasarkan hasil validitas dan analisis secara keseluruhan nilai rata-rata kelayakan media adalah 85 97% dan kelayakan materi 87 11% . Berdasarkan analisis respons siswa terhadap masing-masing aspek dapat disimpulkan bahwa secara keseluruhan produk telah layak digunakan. Dengan demikian media pembelajaran fisika berbasis Swishmax dengan menggunakan pendekatan saintifik pada materi listrik statis ini sudah layak digunakan sebagai media pembelajaran. media yang dikembangkan dilengkapi pendalaman konsep contoh soal soal evaluasi dan video proyek fisika. Kelebihan dari penggunakan media ini dapat mempersingkat waktu dan pembelajaran menjadi interaktif. Sedangkan kelemahannya yaitu terbatas pada materi listrik statis serta belum diuji secara empiris mengenai efisiensi multimedia dan pengembangan media ini hanya sampai uji coba lapangan dalam skala terbatas. ABSTRACT Putri Ni Made A.S. 2017. Development Of Swishmax Media Learning Using Scientific Approach in Static Electricity Content. Thesis Physics Department Faculty of Mathematics and Science Universitas Negeri Malang Advisors (I) Drs. H. Winarto M.Pd. (II) Nandang Mutfi S.Si M.T Ph.D. Kata Kunci Multipmedia learning Static Electricity The use of interactive learning media can help students in the learning process because the media have a role and function as an effective regulator of relations between the two parties namely students and content. The use of interactive media is expected to increase the learning achievements of students in particular on subjects of material physics static electricity. From the initial results of the study showed that students still have difficulty in studying static electricity. Factors cause difficulties thought to derive from the understanding of the students on the concept of static electricity is still relatively low and the habit of students solve the problem less systematic. Besides the learning process using a scientific approach in accordance with the curriculum of 2013. Related to that then in need of learning media development with a scientific approach using swishmax on static electricity. Research development model used was the model of the research and development of the Borg and the Gall consists of 10 stages of research but this developmentonly consists of 4 stages of research namely the study of the literature Surve field development/creation of Media and testing. The collection of data used by using interview techniques and fill out the question form by valdator and the user. The instrument used to gather the data is a transcript of the interview and question form. Based on the results of the validity and overall analysis of the average value of the feasibility of media is 85 97% and materi feasibility 87 11%. Based on the analysis of the responses of student to each aspect of it can be concluded that overall the Products was Worth of use. Thus the media learning physics-based Scientifiec approach using Swishmax on static electricity is already Worth of being used as media of instruction. Multimedia that is developer comes a deepening of the concept examples of reserve reserve physical evaluation and project video. The advantages of the use of this medium can shorten the time and learning to become interactive. While the weakness that is Limited to static electricity as well as the material has not been tested empiricall on efficiency of multimedia and the Development of this medium just until the field trials in a Limited scale

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Jun 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18760

Actions (login required)

View Item View Item