Pengaruh model pembelajaran guided inquiry berbantuan Information and Communication Technology (ICT) terhadap prestasi belajar fisika siswa pokok bahasan hukum Newton gravitasi / Nenes Nur Rahmawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran guided inquiry berbantuan Information and Communication Technology (ICT) terhadap prestasi belajar fisika siswa pokok bahasan hukum Newton gravitasi / Nenes Nur Rahmawati

Rahmawati, Nenes Nur (2017) Pengaruh model pembelajaran guided inquiry berbantuan Information and Communication Technology (ICT) terhadap prestasi belajar fisika siswa pokok bahasan hukum Newton gravitasi / Nenes Nur Rahmawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rahmawati Nenes N. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Guided Inquiry Berbantuan Information and Comunication Tecnology (ICT) terhadap Prestasi Belajar Fisika Siswa Pokok Bahasan Hukum Newton Gravitasi. Skripsi Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Sulur S.Pd M.Si M.T.D (II) Edi Supriana Dr. M.Si H. Kata Kunci Guided Inquiry Information and Comunication Tecnology (ICT) Prestasi Belajar Salah satu tujuan dari pembelajaran Guided Inquiry dan Guided Inquiry berbantuan ICT adalah untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Guru sebagai tenaga pendidik memegang peranan penting dalam peningkatan prestasi belajar siswa melalui pembelajaran yang tepat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Guided Inquiry berbantuan Information And Comunication Tecnology (ICT) terhadap prestasi belajar Fisika siswa pokok bahasan Hukum Newton Gravitasi. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian posttest only control group desain. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X IPA di SMA Negeri 1 Tumpang tahun pelajaran 2016/2017. Sampel yang dipilih adalah kelas X IPA 4 sebagai kelas eksperimen berjumlah 39 siswa serta kelas X IPA 3 sebagai kelas control berjumlah 39 siswa. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran guided inquiry berbantuan Information And Communication Technology (ICT) pada kelas ekperimen dan model pembelajaran guided inquiry pada kelas kontrol. Sedangkan variabel terikat dalam penelitian ini adalah prestasis belajar siswa. Dalam penelitian ini digunakan dua macam instrumen yaitu instrumen perlakuan (Silabus RPP dan LKS) dan intrumen pengukuran (lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran post test prestasi belajar Fisika siswa). Hasil uji-t menunjukkan nilai t sebesar 4 248 lebih besar dari dan t sebesar 1 999 dengan nilai signifikansi lebih kecil dari nilai signifikansi 0 05. Dari hasil uji-t dapat disimpulkan bahwa prestasi belajar siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Guided Inquiry berbantuan Information And Communication Technology (ICT) berbeda dengan prestasi belajar siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Guided Inquiry tanpa bantuan Information And Communication Technology (ICT). Rata-rata prestasi belajar siswa kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol dengan nilai rata-rata kelas eksperimen 83 9 dan kelas kontrol 74 28. ABSTRACT Rahmawati Nenes N. 2017. The Effect of Guided Inquiry Learning Model assisted by Information and Communication Technology (ICT) to Physics Learning Achievement of Students on Newton s Law of Gravitation. Thesis Department of Physics Faculty of Mathematics and Natural Science State University of Malang. Supervisors (I) Sulur S.Pd M.Si M.T.D (II) Edi Supriana Drs. M.Si H. Keywords Guided Inquiry Information and Communication Technology (ICT) Learning Achievement One of the learning goals of Guided Inquiry and Guided Inquiry learning model assisted ICT is to improve student learning achievement. Teacher as educator played important role in improving student learning achievement through the appropriate learning. The purpose of this research was to know the effect of Guided Inquiry learning model assisted Information and Communication Technology (ICT) to the Physics learning achievement of students towards Newton s Law of Gravitation main discussion. This research used posttest only control group design. Population in this research was all classes of 10th Grade Natural Science in SMA Negeri (Public Senior High School) 1 Tumpang Academic Year 2016/2017. The research sample was 10th Grade Natural Science-4 as experimental class for 39 students and 10th Grade Natural Science-3 as control class for 39 students. Independent variable in this research was Guided Inquiry learning model assisted ICT to the experimental class and Guided Inquiry learning model to the control class. While dependent variable in this research was student learning achievement. This research used two types of instrument treatment instrument (syllable Learning Implementation Plan (RPP) and Student Worksheet) and assessment instrument (observation sheet towards learning implementation post test of Physics learning achievement of students). The result of t-test showed that tstatistics was 3.248 larger than ttable 1.999 with significance value smaller than significance value of 0.05. From the result of t-test it could be concluded that student learning achievement that taught by using Guided Inquiry learning model assisted Information and Communication Technology (ICT) was different with student learning achievement that taught by using Guided Inquiry learning model. Average students achievement experiment class higher than the control class with an average value of 83 9 in experiment class and average value 74 28 in control class.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Jun 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18754

Actions (login required)

View Item View Item