Pengembangan media pembelajaran interaktif untuk mengurangi miskonsepsi pada materi usaha dan energi / Karras Bastomi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran interaktif untuk mengurangi miskonsepsi pada materi usaha dan energi / Karras Bastomi

Bastomi, Karras (2017) Pengembangan media pembelajaran interaktif untuk mengurangi miskonsepsi pada materi usaha dan energi / Karras Bastomi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Bastomi Karras. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif untuk Mengurangi Miskonsepsi Pada Materi Usaha dan Energi. Skripsi Program Studi Pendidikan Fisika Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Winarto M.Pd (II) Dra. Endang Purwaningsih M.Si. Kata Kunci media interaktif miskonsepsi usaha dan energi Usaha Energi merupakan salah satu konsep fisika yang bersifat abstrak dan tidak intuitif. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa siswa mengalami miskonsepsi pada materi usaha dan energi. Dalam mengatasi miskonsepsi diterapkan beberapa metode pembelajaran. Padahal pembelajaran meliputi dua aspek yaitu metode dan media pembelajaran sebagai alat bantu mengajar. Penggunaan media pembelajaran elektronik dapat mempermudah dalam mengkomunikasikan dan membangun konsep fisika yang bersifat abstrak. Oleh karena itu diperlukan pengembangan media pembelajaran interaktif pada materi usaha dan energi untuk mengatasi miskonsepsi siswa. Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah mengembangkan media interaktif untuk membantu siswa memodelkan konsep pada materi usaha dan energi serta mengetahui tingkat kelayakan media pembelajaran yang telah dikembangkan. Pada penelitian ini menggunakan model menurut Borg Gall yang diadaptasi oleh Sukmadinata. Data pada penelitian ini didapatkan dari instrumen validasi materi dan media/keterbacaan oleh ahli serta angket uji coba terbatas pada siswa. Hasil dari uji kelayakan dan uji terbatas yang telah dilakukan menyatakan bahwa materi yang ada dalam media yang telah dikembangkan masuk dalam kategori valid dengan tingkat validitas 81 5%. Untuk keterbacaan media dari hasil validasi terlihat bahwa media yang dikembangkan masuk dalam kategori valid dengan tingkat validitas 87 3% dan dari hasil uji coba terbatas media interaktif yang dikembangkan masuk dalam kategori cukup valid dengan tingkat validitas 76 6%. Secara keseluruhan media yang dikembangkan masuk dalam kategori valid dengan tingkat validitas 81 8%. Dari hasil terlihat bahwa media yang dikembangkan siap untuk digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Jun 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18753

Actions (login required)

View Item View Item