Pembelajaran hukum-hukum Newton secara terintegrasi untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa jkelas X SMA / Elvi Cahyaning Tyas - Repositori Universitas Negeri Malang

Pembelajaran hukum-hukum Newton secara terintegrasi untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa jkelas X SMA / Elvi Cahyaning Tyas

Tyas, Elvi Cahyaning (2017) Pembelajaran hukum-hukum Newton secara terintegrasi untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa jkelas X SMA / Elvi Cahyaning Tyas. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Tyas Elvi Cahyaning. 2017. Pembelajaran Hukum-Hukum Newton secara Terintegrasi untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep siswa Kelas X SMA. Skripsi Program Studi Pendidikan Fisika Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sutopo M.Si (II) Drs. Kadim Masjkur M.Pd Kata Kunci Terintegrasi pemahaman konsep Hukum Newton Salah satu fokus penelitian dalam bidang pendidikan fisika adalah tentang pemahaman konsep siswa. Banyak penelitian yang mengungkap bahwa siswa banyak mengalami kesulitan dengan pemahaman konsep. Kesulitan pemahaman konsep dapat menghambat proses penerimaan konsep-konsep baru. Oleh karena itu kesulitan pemahaman konsep harus segera diatasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran Hukum-Hukum Newton secara terintegrasi untuk mengetahui siapa saja yang mendapat manfaat lebih dalam pembelajaran Hukum-Hukum Newton secara terintegrasi dan untuk mengetahui miskonsepsi apa saja yang dapat diperbaiki melalui pembelajaran terintegrasi. Penelitian ini mengangkat subtopik Hukum I II III Newton yang disajikan secara terintegrasi dengan didukung konsep interaksi gaya dan penguraian gaya. Metode Penelitian yang digunakan adalah gabungan kuantitatif dan kualitatif yaitu mixed methods jenis embedded design. Data kuantitatif diperoleh dari hasil pretest dan posttest siswa pada materi Hukum Newton untuk mengetahui efektivitas pembelajaran terintegrasi dan siapa yang lebih merasakan manfaat dari pembelajaran terintegrasi terhadap pemahaman konsep siswa. Data kualitatif diperoleh dari lembar observasi dan wawancara untuk mengetahui miskonsepsi apa saja yang dapat diperbaiki melalui pembelajaran terintegrasi. Subjek penelitian adalah 68 siswa kelas X MIA 1 dan X MIA 2 SMA Negeri 01 Batu. Berdasarkan hasil analisis pembelajaran terintegrasi dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa pada materi Hukum Newton dengan d-effect size 4 13 yang termasuk dalam kategori tinggi dan N-gain rata-rata (g) 0 594 yang tergolong kategori medium atas. Rata-rata N-gain (g 773 ) 0 598 N-gain rata-rata (g) 0 594 dengan SDpost 0 91 SDpre 2 30 yang termasuk kategori expansion yaitu manfaat pembelajaran lebih dirasakan oleh siswa yang nilai pretest-nya tinggi. Miskonsepsi siswa yang dapat diatasi melalui pembelajaran terintegrasi antara lain keyakinan siswa bahwa (1) harus selalu ada gaya yang searah dengan arah gerak benda untuk membuat benda terus bergerak (2) arah gerak benda ditentukan oleh arah gaya yang lebih besar atau lebih dominan dan (3) gaya konstan menghasilkan kecepatan konstan pada gerak benda. Penelitian selanjutnya disarankan memodifikasi pembelajaran ini supaya manfaat pembelajaran dapat dirasakan secara menyeluruh oleh siswa dengan skor pretest tinggi maupun siswa dengan skor pretest rendah

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Jun 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18749

Actions (login required)

View Item View Item