Dampak assessment for learning berbasis web terhadap hasil belajar kognitif siswa pada matyeri gerak harmonis sederana / Dewi Sri Lestari - Repositori Universitas Negeri Malang

Dampak assessment for learning berbasis web terhadap hasil belajar kognitif siswa pada matyeri gerak harmonis sederana / Dewi Sri Lestari

Lestari, Dewi Sri (2017) Dampak assessment for learning berbasis web terhadap hasil belajar kognitif siswa pada matyeri gerak harmonis sederana / Dewi Sri Lestari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Lestari Dewi Sri. 2017. Dampak Assessment for Learning Berbasis Web terhadap Hasil Belajar Kognitif Siwa pada Materi Gerak Harmonis Sederhana. Skripsi. Program Studi Pendidikan Fisika Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Sujito S.Pd M.Si (II) Dr. Sentot Kusairi S.Pd M.Si Kata Kunci assessment for learning try out feedback assessment formative Assessment for Learning (AfL) disebut juga assessment formative dilaksanakan lebih dari sekali dan secara berkelanjutan. Kualitas Assessment for Learning dapat dipengaruhi oleh pemberian feedback yang tepat waktu. Feedback yang diberikan tepat waktu dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran di dalam kelas. Feedback mempunyai pengaruh yang sangat besar untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Assessment for Learning berbasis web terhadap hasil belajar kognitif siswa pada materi gerak harmonis sederhana kelas X MIPA SMA di SMAN 1 Talun. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuasi eksperimen. Instrumen berupa RPP dan soal pilihan ganda. Data penelitian ini didapatkan dari perlakuan Assessment for Learning yang berupa try out dan tes kemampuan akhir berupa postest. Kelas eksperimen melaksanakan try out berbasis web dan kelas kontrol melaksanakan try out berbasis konvensional. Nilai dari postest merupakan hasil belajar kognitif dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan thitung ttabel yaitu 3 620 1 998 dan rerata nilai postest kelas eksperimen lebih baik daripada rerata kelas eksperimen. Hal ini menunjukkan bahwa Assessment for Learning berbasis web mempunyai dampak yang lebih baik terhadap hasil belajar kognitif siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Jun 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18740

Actions (login required)

View Item View Item