Pengaruh model siklus belajar hipotetikal deduktif 5E terhadap penguasaan konsep fisika peserta didik / Retno Dian Lestari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model siklus belajar hipotetikal deduktif 5E terhadap penguasaan konsep fisika peserta didik / Retno Dian Lestari

Lestari, Retno Dian (2017) Pengaruh model siklus belajar hipotetikal deduktif 5E terhadap penguasaan konsep fisika peserta didik / Retno Dian Lestari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Lestari Retno Dian. 2017. Pengaruh Model Siklus Belajar Hipotetikal Deduktif 5E terhadap Penguasaan Konsep Fisika Peserta Didik. Skripsi Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Asim M.Pd. (II) Drs. Agus Suyudi M.Pd. Kata Kunci Model pembelajaran siklus belajar hipotetikal deduktif 5E penguasaan konsep fisika. Kurikulum 2013 revisi menuntut peserta didik untuk memiliki kompetensi sikap kompetensi pengetahuan serta kompetensi keterampilan serta kemampuan penguasaan konsep fisika. Namun banyaknya anggapan fisika sulit mengakibatkan penguasaan konsep fisika peserta didik rendah yang dapat dilihat dari data Puspendik Kemdikbud yaitu rata-rata nilai UN SMA fisika Provinsi Jawa Timur tahun 2015 yang hanya sebesar 72 64. Selain itu rata-rata nilai UN SMA 2016 lebih rendah 6 51 poin dari 61 29 pada tahun 2015 menjadi 54 78 pada tahun 2016. Penurunan rata-rata UN juga terjadi di Provinsi Jawa Timur pada program studi IPA yang pada tahun 2015 sebesar 66 07 menjadi 55 24 pada tahun 2016. Dengan pembelajaran siklus belajar hipotetikal deduktif 5E peserta didik dapat mengkonstruksi sendiri pengetahuannya dan belajar berdasarkan pengalaman langsung melalui kegiatan eksperimen. Dengan fase-fase pembelajaran yang terdapat pada model ini serta pengujuan pertanyaan sebab-akibat akan membuat penguasaan konsep fisika peserta didik menjadi tinggi. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian Quasi Experimental Design dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Teknik sampling yang dipergunakan adalah Sampling Purposive dari populasi XI MIA SMAN 5 Malang Semester genap tahun ajaran 2016/2017 dan sampel adalah kelas XI MIA 1 (XI C4) sebagai kelompok eksperimen dan kelas XI MIA 2 (XI D4) sebagai kelompok kontrol. Uji hipotesis menggunakan uji-t pihak kanan dengan data nilai posttest pada taraf signifikansi 5%. Data yang dipergunakan dalam uji-t pihak kanan berupa data posttest yang terlebih dahulu diuji prasyarat menggunakan uji Liliefors dan uji-F. Hasil uji-t pihak kanan data nilai posttest penguasaan konsep fisika peserta didik diperoleh thitung 3 058 ttabel 1 672 sehingga kesimpulannya penguasaan konsep fisika kelompok peserta didik yang menggunakan model siklus belajar hipotetikal deduktif 5E lebih tinggi daripada kelompok peserta didik dengan model pembelajaran konvensional. ABSTRACT Lestari Retno Dian. 2017. The Effect of 5E Hypothetical Deductive Learning Cycle Model to the Students Conceptual Understanding of Physics. Thesis Department of Physics Faculty of Mathematics and Natural Sciences State University of Malang. Advisors (I) Drs. Asim M.Pd. (II) Drs. Agus Suyudi M.Pd. Keywords 5E hypothetical deductive learning cycle model conceptual understanding of physics Curriculum 2013 revision requires students to have the competence of attitude knowledge and skills also the conceptual understanding of physics. But there are many assumption of physics is difficult it is cause students conceptual understanding of physics were low it can be seen from Puspendik Kemendikbud data which is the physics national test average scores of high school in 2015 was only 72 64. Also in 2016 the average scores of national test was 6.51 lower than 2016 in 2015 the average scores was 61 29 become 54.78 in 2016. The average scores of national test also decrease in East Java province in 2015 was 66.07 into 55.24 in 2016. With the 5e hypothetical deductive learning cycle model students can construct their own knowledge and learn by direct experience through experiments. With the five learning phases in this model and the formulation of the problem in the form of causal questionscan make the students conceptual understanding of physics to be high. The design of the study was a Quasi-Experimental Research Design with the Non-equivalent Control Group Design. The sampling technique used in this study was purposive sampling which was taken from the population of XI MIA classes in SMAN 5 Malang in the second semester of the academic year 2016/2017. The samples were selected from XI MIA 1 (XI C4) and XI MIA 2 (XI D4). XI MIA 1 (XI C4) was selected as the experimental group while XI MIA 2 (XI D4) was selected as the control group. The hypothesis testing using t-test one tail showed that the data acquired from the posttest had the significance level of 5%. The data used were in the t-test one tail form of posttest data which were preliminarily tested using the prerequisite Liliefors test and F-test. The t-test one tail result obtained from the posttest was tcount 3.058 ttable 1.672 so the conclusion is the gruop with physics conceptual understanding who learned using 5E hypothetical deductive learning cycle model is higher than the group of students with conventional learning model.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 24 May 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18732

Actions (login required)

View Item View Item