Pengaruh model pembelajaran discovery learning disertai teknik probing prompting untuk meningkatkan prestasi belajar fisika peserta didik kelas X-MIA / Cyntia Okky Pereira - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran discovery learning disertai teknik probing prompting untuk meningkatkan prestasi belajar fisika peserta didik kelas X-MIA / Cyntia Okky Pereira

Pereira, Cyntia Okky (2017) Pengaruh model pembelajaran discovery learning disertai teknik probing prompting untuk meningkatkan prestasi belajar fisika peserta didik kelas X-MIA / Cyntia Okky Pereira. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Pereira Cyntia Okky. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning disertai Teknik Probing Prompting Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Fisika Kelas X-MIA. Skripsi Pendidikan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Sumarjono M.Pd (II) Sulur S.Pd M.Si M.T.D. Kata Kunci pembelajaran discovery learning teknik probing prompting prestasi belajar fisika Prestasi belajar fisika merupakan hasil belajar aspek kognitif yang dicapai melalui skor test. Penggunaan model pembelajaran yang tepat dan sesuai sangat diperlukan. Model pembelajaran discovery learning disertai teknik probing prompting dapat digunakan dalam pembelajaran fisika khususnya pada materi suhu dan kalor untuk meningkatkan prestasi belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran discovery learning disertai teknik probing prompting untuk meningkatkan prestasi belajar peserta didik. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan rancangan pretest dan posttest. Variabel dalam penelitian ini meliputi variabel bebas (model pembelajaran) dan variabel terikat (prestasi belajar fisika). Populasi dari penelitian ini adalah peserta didik kelas X-MIA SMA NEGERI 10 Malang tahun ajaran 2016/2017. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Sehingga diperoleh sampel untuk penelitian yaitu peserta didik kelas X-MIA D2 yang berjumlah 21 peserta didik sebagai kelas eksperimen dan peserta didik kelas X-MIA E2 dengan jumlah 19 peserta didik sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data dengan tes prestasi belajar fisika yang terdiri dari 15 soal pilihan ganda pada materi suhu dan kalor dokumentasi dan observasi kegiatan pembelajaran. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan model pembelajaran discovery learning disertai teknik probing prompting menghasilkan peningkatan rata-rata skor gain yang lebih tinggi daripada rata-rata skor gain yang dibelajarakan dengan model discovery learning tanpa disertai teknik probing prompting. Rata-rata skor gainpeserta didik kelas eksperimen adalah 0 377 sedangkan rata-rata skor gainpeserta didik kelas kontrol adalah 0 215. Hasil penelitian ini didukung dengan hasil perhitungan uji-t yang menunjukkan bahwa thitung 2 464 1 686 (t38 0.5). Jadi dapat disimpulkan bahwa peningkatan prestasi belajar fisika yang dibelajarkan dengan model discovery learning disertai teknik probing prompting lebih tinggi daripada pembelajaran dengan model discovery learning tanpa disertai teknik probing prompting. 8195

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Mar 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18730

Actions (login required)

View Item View Item