Keefektifan bibliokonseling untuk meningkatkan kesadaran menghargai orang lain bagi siswa SMP / Iswarianti - Repositori Universitas Negeri Malang

Keefektifan bibliokonseling untuk meningkatkan kesadaran menghargai orang lain bagi siswa SMP / Iswarianti

Iswarianti (2011) Keefektifan bibliokonseling untuk meningkatkan kesadaran menghargai orang lain bagi siswa SMP / Iswarianti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci keefektifan bibliokonseling kesadaran menghargai orang lain Bimbingan dan konseling memiliki peranan penting dalam perkembangan siswa. Guru BK atau konselor merupakan salah satu tenaga kependidikan di sekolah yang mempunyai tugas untuk memperhatikan perkembangan psikologi siswa. Salah satu perkembangan psikologi siswa yang harus dikembangkan adalah yang berkaitan dengan pendidikan karakter. Salah satu karakter yang harus dikembangkan dalam diri siswa adalah menghargai orang lain dengan cara menumbuhkan kesadarannya. Teknik bimbingan yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kesadaran menghargai orang lain untuk siswa SMP adalah dengan teknik Bibliokonseling. Dari pengamatan yang dilakukan pada siswa SMP menunjukkan bahwa siswa SMP memiliki kesadaran menghargai orang lain pada tingkat yang rendah dan sedang. Hal ini ditunjukkan dengan adanya perkelahian antar pelajar tidak menghormati guru atau kurang memahami orang yang ada di sekelilingnya dan masih banyak peristiwa yang lainnya. Tujuan penelitian ini untuk melihat keefektifan bibliokonseling untuk meningkatkan kesadaran menghargai orang lain bagi siswa SMP. Penelitian ini dilakukan di salah satu SMP yang berada di kabupaten Malang.Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan one group pretest posttest design dengan rancangan satu kelompok subyek yang berjumlah 12 siswa tanpa kelompok kontrol. Pengukuran dilakukan pada saat sebelum dan sesudah pemberian treatmen. Instrumen yang digunakan adalah skala kesadaran menghargai orang lain. Treatmen dilakukan dengan teknik bibliokonseling dengan menggunakan media cerpen. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji wilcoxon. Hasil penelitian setelah dilakukan treatmen sebanyak delapan kali dan pengukuran pretest dan posttest siswa menunjukkan adanya perubahan skor dari kategori sedang menjadi tinggi. Hal ini dapat disimpulkan bahwa bibliokonseling efektif untuk meningkatkan kesadaran menghargai orang lain yang dapat dilihat dari Zhitung Ztabel atau Zhitung -Ztabel sebesar -3.066 -1 96 atau dapat dilihat dari nilai probabilitas dibawah 0.05 (0.001

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: library UM
Date Deposited: 21 Oct 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/1873

Actions (login required)

View Item View Item