Pengembangan media dialog sokratik sebagai alat bantu untuk meningkatkan pemahaman konsep kalor / Irvany Nurita Pebriana - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media dialog sokratik sebagai alat bantu untuk meningkatkan pemahaman konsep kalor / Irvany Nurita Pebriana

Pebriana, Irvany Nurita (2017) Pengembangan media dialog sokratik sebagai alat bantu untuk meningkatkan pemahaman konsep kalor / Irvany Nurita Pebriana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Pebriana Irvany Nurita. 2016. Pengembangan Media Dialog SokratikuntukMeningkatkanPemahamanKonsepkalor. Program StudiPendidikanFisika JurusanFisikaUniversitasNegeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Sutopo M.Si. (2) Sujito S.Pd M.Si. Kata kunci media dialog sokratik pemahamankonsep kalor Sebagaimana telah dilaporkan dalam penelitian terdahulu banyak siswa yang memiliki pemahaman yang salah terkait konsep kalor.Pemahaman yang salah bisa disebabkan oleh adanya ketidaksamaan makna antara di fisika dan di kehidupan sehari-hari kalor berhubungan dengan konsep-konsep lain dimana hubungan itu justru sering menyebabkan siswa merancukan kalor dengan besaran-besaran lain dankesalahan siswa dalam menginterpretasikan makna metafora yang ada pada buku teks. Pemahaman yang salah baik melekat secara kuat maupun tidak perlu diperbaiki dan dicegah agar tidak terjadi pada diri siswa. Salah satunyadenganmemunculkankonflikkognitifmelaluipertanyaansokratik. Padapenelitianterdahulu pertanyaansokratikdikemasdalambentuk media flash sebagaibahanbelajarmandiri namunkurangefektifdalammeningkatkanpemahamankonsepkarenatidak segera memberikan balikan maupun penguatansehingga subyek tidak dapat mengetahui kesalahannya akibatnya subyek tidak menyadari bahwa ia memiliki pemahaman yang benar atau salah. Penelitianinidimaksudkanuntukmemperbaiki media pertanyaansokratik yang telahdikembangkanolehpenelititerdahuludanuntukmengetahuipengaruh media dialog sokratikdalammeningkatkanpemahamankonsepkalor. Penelitianinimenerapkan penelitian pengembangan dipadukan dengan pendekatanmixed methodsdengandesainembedded experimental model. Subyekpenelitianterdiriatas 13 respondendenganlatarbelakangsiswa SMA mahasiswa S1 dan S2 PendidikanFisikaUniversitasNegeri Malang. Instrumenpenelitianberupasoalteskonsepkalordan media dialog sokratik. Data perubahanskorpretest-posttestdianalisissecarakuantitatifdan data rekamjejakpenggunaan media dialog sokratik (alurpemikiran) dianalisissecarakualitatif. Hasilujikelayakanoleh validator darisegikontendankebahasaandinyatakan valid danmampumemperbaiki media pertanyaansokratik yang dikembangkanolehpenelititerdahulu. HasilpenelitianmenunjukkanbahwaMedia Dialog Sokratikdapat meningkatkan pemahaman konsep kalor dan konsep-konsep lain yang berkaitan secara signifikan (sig 0.000) dengan nilai d-effect size sebesar 1.62 (sangat tinggi) dan N-gain sebesar 0.67 (medium atas).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Jan 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18729

Actions (login required)

View Item View Item