Pengembangan bahan ajar berbasis android berbantuan Augmented Reality (AR) untuk membantu siswa menerapkan prinsip fluida dinamik dalam teknologi / Mohammad Dharul Asmawan - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar berbasis android berbantuan Augmented Reality (AR) untuk membantu siswa menerapkan prinsip fluida dinamik dalam teknologi / Mohammad Dharul Asmawan

Asmawan, Mohammad Dharul (2017) Pengembangan bahan ajar berbasis android berbantuan Augmented Reality (AR) untuk membantu siswa menerapkan prinsip fluida dinamik dalam teknologi / Mohammad Dharul Asmawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Asmawan Mohammad Dharul. 2016. PengembanganBahan Ajar Berbasis Android Berbantuan Augmented Reality untukMembantuSiswaMenerapkanPrinsipFluidaDinamikdalamTeknologi. Program StudiPendidikanFisika JurusanFisikaUniversitasNegeri Malang. Pembimbing (1) Sugiyanto S.Pd. M.Si. (2) Dr. Wartono M.Pd. Kata kunci bahan ajar berbasis android augmented reality fluidadinamik Pendidikan di Indonesia cukupdinamis. Kurikulumpendidikan yang sedangdiberlakukan di IndonesiaadalahKurikulum 2013 (K-13). MenurutPermen no 59 tahun 2014 kurikulum 2013 dikembangkanatasteorikurikulumberbasiskompetensi (competency-based curriculum). Kurikulumberbasiskompetensidirancanguntukmemberikanpengalamanbelajarseluas-luasnyabagipesertadidik. Pengalamanbelajar yang disarankanoleh K-13 meliputitahapan 5M. Berdasarkanhasilstudilapanganditemukanbahwa gurufisika SMAkesulitanmengimplementasikan K-13 karenabeberapaalasansalahsatunyaadalahminimnyabahan ajar berbasis K-13. Salah satu KD yang implementasinyatidakmengacu K-13 adalah KD 3.7 yaitumenerapkanprinsipfluidadinamikdalamteknologi. Berdasarkanstudipustaka terdapatteknologi yang mampumeningkatkanmotivasisiswadalambelajardancocokuntukdiimplementasikanpadapembelajaran KD 3.7 yaituteknologi AR. Padastudilapanganjugadiperolehbahwa rata-rata siswamemilikismartphoneatau tablet denganoperating system android. Olehkarenaitupenelitianiniperludiadakanyaitupenelitian yang bertujuanmengembangkandanmengetahuikelayakanbahan ajar berbasis android berbantuan AR untukmembantusiswamenerapkanprinsipfluidadinamikpadateknologi. Penelitianinimenggunakan modelResearch and Development Borg and Gall yang diadaptasimenjadi 5 langkahyaitustudipendahuluan merencanakanpenelitian pengembangandesain ujiprodukterbatas revisihasilujilapanganterbatas. Pengumpulan data melaluipengumpulaninstrumenbentukangket yang diisi validator dancalonpengguna. Instrumen yang digunakanadalahinstrumenkelayakandaninstrumenketerbacaan. Hasilpenelitianiniadalahbahan ajar berbasis android berbantuan AR untukmembantusiswamenerapkanprinsipfluidadinamikpadateknologidengankategorilayakdanmudahuntukdigunakan. Kelebihandariprodukinidiantaranyadapatmemotivasisiswakarenamenggunakanteknologi AR disusunberdasarkantahapanpengalamanbelajar yang jelasdanruntut danmembantupembelajaranmenjadilebihefisien. Selainmemilikikelebihan produkinijugamemilikikelemahandiantaranyamembutuhkansmartphoneatau tablet dengansistemoperasi android versi 4.4 (kitkat)keatasdanterbataspadasatupaket IPKD.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Jan 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18728

Actions (login required)

View Item View Item