Windasari, Aries Ika (2017) Pembelajaran dengan pemodelan untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa kelas X pada topik prinsip Archimedes / Aries Ika Windasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Windasari A. I. 2016. PembelajarandenganPemodelanuntukMeningkatkanPemahamanKonsepSiswaKelas X padaTopikPrinsip Archimedes. Skripsi Jurusan Fisika FakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1)Dr.Sutopo M.Pd. (2) Sulur S.Pd. M.Si. M.TD. Kata Kunci pembelajaranpemodelan pemahamankonsep prinsip Archimedes Penelitianinibertujuanuntukmerancangpembelajarandenganpemodelandanmengetahuipengaruhnyaterhadappemahamankonsepsiswa sertamiskonsepsisiswapadaprinsip Archimedes. Metodepenelitian yang digunakanadalahgabungankuantitatifdankualitatifyaitumixed methodjenisembedded design. Data kuantitatifdiperolehdarihasilpretestdanposttest siswapadaprinsip Archimedes. Analisisstatistikdilakukanpada data kuantitatifuntukmengetahuipengaruhpembelajarandenganpemodelanterhadappemahamankonsepsiswa. Data kualitatifdiperolehdaricatatan observer angket wawancara dokumentasifotodan video. Analisis data kualitatifdilakukanuntukmengetahuikegiatansiswasaatmengikutipembelajarandenganpemodelandanmiskonsepsi yang dimilikisiswapadaprinsip Archimedes. Subjekpenelitianadalahsiswakelas X MIA 1 MA NegeriTrenggalek yang terdiriatas 7 siswalaki-lakidan 23 siswaperempuan.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwapembelajarandenganpemodelandapatmeningkatkanpemahamankonsepsiswasekaligusmengatasimiskonsepsi yang dimilikisiswapadaprinsip Archimedes. Hal inididukungdenganperolehannilaid-effect sizesebesar 3 48danN-gainsebesar 0 74. Pembelajarandenganpemodelan yang dilakukandapatmengurangimiskonsepsisiswapadaprinsipArhimedes yang meliputi (1) anggapanbahwagayaapungdipengaruhiolehmassabenda (2) anggapanbahwaresultangayaakibattekananfluidapadabenda yang beradadalamkeadaaandiamdi dalamfluidaadalahnol (3) anggapanbahwagaya-gaya lain yang bekerjapadabenda yang berada di dalamfluidamempengaruhibesarnyagayaapung (4) anggapanbahwa kedalaman letakbendadalamfluida dipengaruhi olehmassajenisbenda (5) anggapanbahwavolume benda yang tercelupdalamfluidadipengaruhiolehpercepatangravitasi (6) anggapanbahwagaya apung pada benda yang berada dalam beberapa jenis fluida dengan keadaan volume tercelup berbeda-beda berbanding lurus dengan volume tercelup bendanya dan (7) anggapanbahwaberatbenda yang tenggelamsamadenganberatperpindahan air.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 10 Jan 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/18727 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |