Pengembangan media pembelajaran fisika berbantuan macromedia swishmax dengan pendekatan saintifik pada pokok bahasan fluida dinamis / Rifqi Mubarok - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran fisika berbantuan macromedia swishmax dengan pendekatan saintifik pada pokok bahasan fluida dinamis / Rifqi Mubarok

Mubarok, Rifqi (2017) Pengembangan media pembelajaran fisika berbantuan macromedia swishmax dengan pendekatan saintifik pada pokok bahasan fluida dinamis / Rifqi Mubarok. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Mubarok Rifqi. 2016. Pengembangan Media PembelajaranFisikaBerbantuanMacromedia SwishmaxdenganPendekatanSaintifikpadaPokokBahasanFluidaDinamis. Skripsi JurusanFisika FakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlam UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Winarto M.Pd. (II) Sulur S.Pd M.Si M.T.D. Kata Kunci media pembelajaranfisika swishmax pendekatansaintifik fluidadinamis PembelajaranberdasarkanKurikulum 2013 menuntutsiswaaktifdanmengutamakanpembelajaranberpusatpadasiswadenganmenggunakanpendekatansaintifik. Salah satumasalahdalampembelajaranfisikaadalahhasilbelajaryang masihrendah(rata-rata secaranasionalpersentasepenguasaanmaterifisika sub materifluidadinamisdalamujiannasionaltahunajaran 2014/2015 adalah 66 75%).Salah satusolusi yang dapatdigunakanuntukmengatasimasalahtersebutadalahpenggunaan media pembelajarandalam proses pembelajaran. Penggunaan media pembelajarandapatmembuat proses pembelajaranefektif efisien memudahkan guru dalammengajardanmemudahkansiswadalammemahamimateri.Macromedia swishmaxdapatmenghasilkan media animasi yang dapatmendukungpembelajaran.Olehkarenaitu dipandangperludikembangkan media pembelajaranberbantuanmacromediaswishmaxdenganpendekatansaintifik.Tujuandaripenelitiandanpengembanganiniadalahmengembangkanmedia pembelajaranfisika yang berbantuanmacromedia swishmaxdenganpendekatansaintifikpadapokokbahasanfluidadinamisdanmengetahuitingkatkelayakan media yang dikembangkan. Penelitianinimenggunakan model Borg dan Gall yang diadaptasimenjadi3 langkahpengembangan yaitustudipendahuluan pengembanganprodukdanujicobaproduk.Pengumpulan data dilakukandenganmengisiangketoleh validator dancalonpengguna. Instrumen yang digunakanuntukmengumpukan data adalahangketvalidasimateri angketvalidasi media danangketresponsiswa. Hasilpenelitiandanpengembanganiniberupa media pembelajaranberbatuanmacromedia swishmaxdenganpendekatansaintifikpadapokokbahasanfluidadinamis.Materidalam media inidisajikandalambentuk video animasi gambardanteks. Di setiapakhirbagian sub materidilengkapidenganlatihansoaldanpembahasan. Selainitujugaterdapatujikompetensidenganpenilaiandanpembahasansetelahpenggunaselesaimengerjakan. Hal yang menunjukkanpendekatansaintifikdari media iniadalahbahwa media terdapattahapan-tahapandaripendekatansaintifikmeliputimengamati menanya mencoba menalar danmenyimpulkan. Ujikelayakanoleh validator ahlimenunjukkanbahwa media yang dikembangkanlayakdigunakandalampembelajaran. Media pembelajaraninilayakuntukdiujicobalebihluasdengannilai rata-rata kelayakanmateri92 93% dan rata-rata kelayakanmedia 90 41%.Media pembelajaraninimenggunakanpendekatansaintifiksehinggadapatdigunakansebagai media pembelajaranpadakurikulum 2013. Namun disampingitujugamemilikikelemahanyaituterbataspadamaterifluidadinamissertadibutuhkanswf openeruntukmenggunakan media.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Jan 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18726

Actions (login required)

View Item View Item