Pengembangan modul pemanasan global berbasis core (content representation) berbantuan teknologi sebagai peluang pemahaman konsep dan kemandirian belajar peserta didik / Awwat Warta - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul pemanasan global berbasis core (content representation) berbantuan teknologi sebagai peluang pemahaman konsep dan kemandirian belajar peserta didik / Awwat Warta

Warta, Awwat (2016) Pengembangan modul pemanasan global berbasis core (content representation) berbantuan teknologi sebagai peluang pemahaman konsep dan kemandirian belajar peserta didik / Awwat Warta. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Warta Awwat. 2016. Pengembangan Modul Pemanasan Global Berbasis CoRe (Content Representation) berbantuan Teknologisebagai Peluang Pemahaman Konsep dan Kemandirian Belajar Peserta Didik. Skripsi Program Studi Pendidikan Fisika Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Endang Purwaningsih M.Si. (II) Drs. Winarto M.Pd. Kata Kunci modul pemanasan global CoRe teknologi Penerapan kurikulum 2013 yang disusun oleh pemerintah Indonesia untuk memenuhi tuntutan abad 21. Beberapa tuntutan dalam penerapan Kurikulum 2013 yaitu 1) pembelajaran yang mengharuskan implementasi teknologi dan 2)pemahaman konsep dan kemandirian peserta didik dalam belajar. Pada observasi awal ditemukan berbagai permasalahan di lapangan terkait kesulitan pemahaman Guru terhadap materi dan kesalahan penyusunan modul.Berdasarkan permasalahan yanag ada dilakukanlah pengembangan modul pemanasan global berbasis CoRe (Content Representation) berbantuan teknologi sebagai peluang pemahaman konsep dan kemandirian belajar peserta didik. Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini adalah menghasilkandan memvalidasi modul pemanasan global berbasis CoReberbantuan teknologi. Metode penelitian mengacu pada model Borg and Gall dengan langkah 1) potensi dan masalah 2) pengumpulan data 3) desain produk 4) validasi desain 5) revisi desain 6) uji coba produk dan 7) revisi produk. Validasi dilakukan oleh ahli terhadap modul RPP CoRe dan soal test. Uji coba dilakukan untuk mengetahui tingkat keterbacaan peserta didik terhadap bahan ajar. Hasil dari validasi dan uji coba terbatas digunakan sebagai dasar revisi produk. Revisi dilakukan dua tahap yaitu 1) revisi setelah validasi dan 2) revisi setelah uji coba.Berdasarkan hasil validasi didapatkan nilai rata-rata validasi modul 3 3 RPP 3 53 dan CoRe 3 38. Berdasarkan analisis skala likert maka seluruh validasi modul dan perangkatnya dinyatakan sangat valid dan siap untuk diimplementasikan. Produk penelitian dan pengembangan ini terdiri dari 2 macam yaitu modul untuk peserta didik danpanduan penggunaan modul untukguru.Produk yang dikembangkan dalam penelitian dan pengembangan ini memiliki beberapa kelebihan yaitu (1)penyusunan materi berdasarkanCoRe (2) modul dikembangkan dengan integrasi teknologi yang sesuai dengan tuntutan kurikulum 2013. Produk yang dikembangkan juga memiliki kekurangan yaitu (1) materi hanya terbatas pada materi pemanasan global (2) produk masih harus dikembangkan lebih lanjut untuk mengetahui keefektifan modul dalam meningkatkan pemahaman konsep peserta didik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 02 Dec 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18723

Actions (login required)

View Item View Item