Pengembangan bahan ajar fisika berbasis active learning pada pokok bahasan fluida statis sebagai peluang meningkatkan peran aktif siswa dalam kegiatan pembelajaran untuk siswa SMAN 6 Malang kelas X / Rendy Arintika - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar fisika berbasis active learning pada pokok bahasan fluida statis sebagai peluang meningkatkan peran aktif siswa dalam kegiatan pembelajaran untuk siswa SMAN 6 Malang kelas X / Rendy Arintika

Arintika, Rendy (2016) Pengembangan bahan ajar fisika berbasis active learning pada pokok bahasan fluida statis sebagai peluang meningkatkan peran aktif siswa dalam kegiatan pembelajaran untuk siswa SMAN 6 Malang kelas X / Rendy Arintika. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Arintika Rendy. 2016. Pengembangan Bahan Ajar Fisika Berbasis Active Learning pada Pokok Bahasan Fluida Statis sebagai Peluang Meningkatkan Peran Aktif Siswa dalam Kegiatan Pembelajaran untuk Siswa SMAN 6 Malang Kelas X. Skripsi Program Studi Pendidikan Fisika Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Purbo Suwasono M.Si (II) Dra. Endang Purwaningsih M.Si. Kata kunci bahan ajar fisika active learning fluida statis Berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang dilaksanakan di SMAN 6 Malang pembelajaran yang dilaksanakan belum optimal menerapkan kurikulum 2013. Buku pendamping yang digunakan hanya berisi materi dan soal tanpa memberi ruang gerak siswa untuk berperan aktif dalam kegiatan belajarnya seperti membuat mind map atau peta konsep sebelum ia mempelajari suatu konsep. Dampak penggunaan buku pendamping tersebut ditunjukkan dengan masih banyak kesulitan yang dihadapi siswa ketika melakukan pembelajaran. Siswa tidak bisa memahami materi secara mandiri tanpa penjelasan dari guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar fisika berbasis active learning pada pokok bahasan fluida statis dan mendeskripsikan kelayakannya. Penelitian dan Pengembangan ini menggunakan tujuh langkah model prosedural deskriptif Borg Gall dengan tahapan (1) pendahuluan (2) perencanaan dan pengembangan produk awal (3) uji validasi (4) revisi produk awal (5) uji lapangan awal (6) revisi produk utama (7) produk utama berupa buku siswa dan buku panduan guru. Validasi yang dilakukan adalah validasi kesesuaian model oleh 1 dosen dan 1 guru fisika validasi kelayakan isi oleh 1 dosen dan 1 guru fisika dan validasi silabus dan RPP oleh 1 dosen dan 1 guru fisika. Setelah divalidasi bahan ajar juga diuji keterbacaannya dan dilakukan uji coba pembelajaran dengan mengisi angket dan lembar observasi oleh seluruh siswa X MIPA 1 SMAN 6 Malang dan 2 observer yaitu 1 mahasiswa Universitas Negeri Malang dan 1 guru fisika SMAN 6 Malang. Data hasil penilaian bahan ajar fisika berbasis active learning diperoleh dari 1 dosen fisika dan 1 guru fisika SMAN 6 Malang. Data yang diperoleh dari dosen dan guru berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif berupa angket penilaian dengan skala Likert yang dimodifikasi sedangkan data kualitatif berupa tanggapan saran dan kritik dari tim validator. Analisis deskriptif digunakan sebagai data pendukung yang ditampilkan dalam bentuk angka. Analisis kualitatif digunakan untuk mendeskripsikan saran dan kritik dari validator dan siswa serta observer. Hasil penelitian dan pengembangan menunjukkan bahwa buku siswa dan buku panduan guru yang disusun telah layak untuk digunakan sebagai bahan ajar dengan rerata validitas 84 16% untuk kesesuaian model buku siswa 88% untuk kelayakan isi buku siswa 93 3 % untuk silabus dan RPP. Kemudian dari uji keterbacaan dan uji coba pembelajaran diketahui bahwa bahan ajar fisika berbasis active learning berpeluang meningkatkan peran aktif siswa dalam kegiatan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Nov 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18722

Actions (login required)

View Item View Item