Pengaruh pembelajaran inquiry-discovery melalui tinjauan empiris-teoritis terhadap kemampuan berpikir kritis dan penguasaan konsep fisika SMA / Sofiul Yulia - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pembelajaran inquiry-discovery melalui tinjauan empiris-teoritis terhadap kemampuan berpikir kritis dan penguasaan konsep fisika SMA / Sofiul Yulia

Yulia, Sofiul (2016) Pengaruh pembelajaran inquiry-discovery melalui tinjauan empiris-teoritis terhadap kemampuan berpikir kritis dan penguasaan konsep fisika SMA / Sofiul Yulia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Yulia Sofiul.2016.PengaruhPembelajaranInquiry-DiscoveryMelaluiTinjauanEmpiris-TeoritisUntukMeningkatkanKemampuanBerpikirKritisdanPenguasaanKonsepFisikaSMA. Skripsi JurusanFisika FakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlam UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Dr.Wartono M.Pd (II) Dr. Edi Supriana M.Si. Kata Kunci PembelajaranInquiry-Discovery tinjauanempiris-teoritis kemampuanberpikirkritis penguasaankonsepFisika PengembanganKurikulum 2013 perludilakukankarenaadanyaberbagaitantangan yang dihadapi baiktantangan internal maupuntantanganeksternal.Dalampembelajaran siswadituntutuntukaktifdalampembelajaran sehinggasecarasadarsiswamemaksimalkankreativitasnyadalammengembangkankompetensinyalewatpenemuandanpenyelidikan.DalampembelajaranInquiry-Discoveryinisiswamenjadilebihaktifbelajar.Tujuanutama model pembelajaranInquiry-Discoveryadalahmengembangkanketerampilanintelektual berfikirkritis danmampumemecahkanmasalahsecarailmiah.Dalamkegiataninidilakukantahapan yang terdiridarimenyajikan pertanyaan atau masalah membuat hipotesis merancang percobaan melakukan diskusi mengumpulkan data membuktikan data secara teoritis dan menyimpulkan.BeberapasekolahmenengahmenunjukkanbahwajarangsekalipelajaranFisikadiajarkandengan proses atauprosedurpenggaliankonsepFisikasecaralangsungdalamkejadiankontekstual kegiatanlaboratorium maupunsecarapemodelanatausimulasi. Pendekatan yang digunakandalampenelitianiniadalahpendekatankuantitatifdenganjenispenelitianeksperimen.Rancanganpenelitianiniadalahquasi experimentdengandesainposttest only control group design.Teknikpengambilansampelmenggunakancluster random sampling. Populasipenelitianiniadalahsiswakelas X SMA Negeri 1 Tumpang yang terdiridari 2 kelas sedangkansampelnyaadalahkelas X MIPA 1 sebagaikelas control dankelas X MIPA 3 sebagaikelaseksperimen yang masing-masingkelastediridari 40 siswa. Instrumenpenelitian yang digunakanadalah instrument perlakuanadalah instrument perlakuanberupa RPP dan LKS.Instrumenpengambilan data berupatestulisFisikaterdiridarisoaluraiandansoalpilihanganda. UjihipotesismenggunakanAnava AB danujiTukey.BerdasarkanujihipotesisdanpembahasandapatdisimpulkanbahwapembelajaranInquiry-Discoverymelaluitinjauanempiris-teoritisdapatmempengaruhikemampuanberpikirkritisdanpenguasaankonsepFisikasiswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 29 Nov 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18721

Actions (login required)

View Item View Item