Pengembangan model fasilitasi kegiatan siswa menanya pada pembelajaran fisika dengan pendekatan saintifik / Ria Aisah Munir - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan model fasilitasi kegiatan siswa menanya pada pembelajaran fisika dengan pendekatan saintifik / Ria Aisah Munir

Munir, Ria Aisah (2016) Pengembangan model fasilitasi kegiatan siswa menanya pada pembelajaran fisika dengan pendekatan saintifik / Ria Aisah Munir. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Munir Ria Aisah. 2016. Pengembangan Model Fasilitasi untuk Kegiatan Siswa Menanya pada Pembelajaran Fisika dengan Pendekatan Saintifik. Skripsi Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Sugiyanto S.Pd M.Si (II) Drs. Purbo Suwasono M.Pd. Kata Kunci Kegiatan Siswa Menanya Model Fasilitasi Skenario Kegiatan Siswa Menanya Skenario Fasilitasi Kegiatan Siswa Menanya Gerak Lurus. Adanya perubahan kurikulum pembelajaran dari KTSP menjadi kurikulum 2013 berdampak pada tuntutan penggunaan pendekatan saintifik dalam proses pembelajaran. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam menggunakan pendekatan saintifik dalam proses pembelajaran. Salah satunya adalah guru harus menyajikan pembelajaran yang meningkatkan rasa keingintahuan. Salah satu cara untuk melatih rasa keingintahuan siswa yaitu dengan melakukan kegiatan menanya. Akan tetapi berdasarkan hasil observasi meskipun guru sudah memberikan kesempatan siswa untuk menanya kegiatan menanya belum terlaksana maksimal. Berdasarkan fakta inilah maka diperlukan pengembangan model fasilitasi untuk kegiatan siswa menanya. Pengembangan model fasilitasi untuk kegiatan siswa menanya merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk memfasilitasi siswa pada kegiatan menanya dengan pendekatan saintifik. Model fasilitasi kegiatan menanya sekaligus melatih siswa dalam kemandirian memperoleh pengalaman belajar. Produk pengembangan model fasilitasi kegiatan siswa menanya ini meliputi Skenario Kegiatan Siswa Menanya (SKSM) Skenario fasilitasi Kegiatan Siswa Menanya (SFKSM) serta rancangan penggunaan alat bahan media dan sumber belajar. Langkah-langkah penelitian pengembangan tersebut adalah (1) potensi dan masalah (2) pengumpulan data (3) desain produk (4) validasi produk (5) revisi produk dan (6) uji coba terbatas. Pada tahap validasi pengembangan model fasilitasi kegiatan siswa menanya divalidasi oleh dua validator dari dosen fisika FMIPA UM. Pada hasil validasi SKSM diperoleh skor rata-rata sebesar 3 49 dan dinyatakan valid. Pada hasil validasi SFKSM diperoleh skor rata-rata sebesar 3 36 dan dinyatakan valid. Pada perencanaan penggunaan alat bahan media serta sumber belajar diperoleh skor rata-rata sebesar 3 62 dan dinyatakan valid. Berdasarkan data tersebut produk pengembangan model fasilitasi kegiatan menanya ini secara keseluruhan dapat dinyatakan valid. Selanjutnya produk ini diujicobakan pada dua puluh mahasiswa semester tiga pendidikan fisika FMIPA UM. Setelah uji coba mahasiswa diberi angket mengenai keterlaksanaan fasilitasi kegiatan menanya dengan adanya produk ini. Berdasarkan data angket yang telah dianalisis diperoleh skor rata-rata sebesar 3 29 artinya mahasiswa sangat setuju bahwa produk ini dapat memfasilitasi kegiatan menanya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Oct 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18720

Actions (login required)

View Item View Item