Dampak psikologis korban tindakan Bullying (studi kasus di SMP Negeri Y kota Malang / Fidya Luthfina - Repositori Universitas Negeri Malang

Dampak psikologis korban tindakan Bullying (studi kasus di SMP Negeri Y kota Malang / Fidya Luthfina

Luthfina, Fidya (2011) Dampak psikologis korban tindakan Bullying (studi kasus di SMP Negeri Y kota Malang / Fidya Luthfina. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci bullying dampak pribadi sosial belajar. Dilatarbelakangi munculnya fenomena tindakan bullying yang sering diberitakan dan diperkuat hasil identifikasi pada sebuah sekolah menengah pertama di kota Malang maka dilakukan penelitian untuk mengetahui dampak yang dirasakan oleh korban tindakan bullying. Pada lokasi penelitian ditemukan indikasi tindakan bullying yang dilakukan oleh sejumlah siswa. Dari indikasi tersebut kemudian dikembangkan menjadi sebuah tema penelitian yang bertujuan untuk mengungkap dampak psikologis pada korban tindakan bullying. Tujuan penelitian untuk mengetahui bentuk tindakan bullying dan dampak psikologis yang dialami oleh korban tindakan bullying. Dampak tersebut dirumuskan menjadi dampak terhadap pribadi sosial dan dampak terhadap belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Korban tindakan bullying adalah siswi kelas VIII pada sekolah menengah pertama yang dipilih sebagai lokasi penelitian. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan wawancara pada satu subjek dan delapan orang informan yang terkait dan memiliki informasi relevan sesuai dengan tema penelitian. Dari data yang terkumpul diperoleh gambaran mengenai bentuk dan dampak tindakan bullying yang dialami oleh subjek. Bentuk tindakan bullying pada subjek dikategorikan menjadi 2 (dua) jenis yaitu tindakan bullying secara langsung dan tindakan bullying secara tidak langsung. Tindakan bullying secara langsung berbentuk verbal yang berupa sebutan balon yang secara budaya masyarakat setempat dimaknai sebagai pelacur. Selain itu subjek mengalami tindakan bullying secara tidak langsung yaitu perlakuan tidak menyenangkan yang berupa ekspresi wajah kurang bersahabat. Temuan penelitian ini dapat dikelompokkan menjadi dua jenis dampak yang dirasakan subjek. Dampak tersebut yaitu (1) dampak terhadap pribadi sosial sehingga subjek menarik diri dari pergaulan dan kegiatan ekstrakulikuler. (2) dampak terhadap belajar subjek sehingga subjek kurang konsentrasi melamun saat kegiatan belajar-mengajar serta nilai subjek yang menurun. Saran penelitian ini khususnya ditujukan untuk konselor dan peneliti selanjutnya. Penelitian ini dapat digunakan olen konselor sebagai informasi untuk mengenali korban tindakan bullying dan dapat memberi layanan konseling individual maupun kelompok. Bagi peneliti selanjutnya hasil penelitian ini dapat dijadikan informasi awal untuk mempelajari tindakan bullying lebih lanjut dan aspek lain yang terkait dengan tindakan bullying.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: library UM
Date Deposited: 11 Oct 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/1872

Actions (login required)

View Item View Item