Integrasi formative assessment dalam scientific inquiry leraning dan pengaruhnya terhadap penguasaan konsep fisika siswa kelas X pada materi fluida statik / Lhuk Lhuah Qurutul Aini - Repositori Universitas Negeri Malang

Integrasi formative assessment dalam scientific inquiry leraning dan pengaruhnya terhadap penguasaan konsep fisika siswa kelas X pada materi fluida statik / Lhuk Lhuah Qurutul Aini

Aini, Lhuk Lhuah Qurutul (2016) Integrasi formative assessment dalam scientific inquiry leraning dan pengaruhnya terhadap penguasaan konsep fisika siswa kelas X pada materi fluida statik / Lhuk Lhuah Qurutul Aini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Aini Lhuk Lhuah Qurutul. 2016. Integrasi Formative Assessment dalam Scientific Inquiry Learning dan Pengaruhnya Terhadap Penguasaan Konsep Fisika Siswa Kelas X pada Materi Fluida Statik. Skripsi Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sentot Kusairi M.Si (II) Nuril Munfaridah M.Pd. Kata Kunci scientific inquiry learning feedback formative assessment penguasaan konsep. Science literacy merupakan kompetensi penting untuk mengikuti perkembangan dalam berbagai bidang. Salah satu upaya untuk meningkatkan science literacy adalah melalui pembelajaran sains yang efektif. Scientific inquiry learning merupakan model pembelajaran yang diunggulkan dalam pembelajaran sains. Dalam prosesnya model ini dapat mengkondisikan siswa terlibat secara langsung dalam pembelajaran yang aktif siswa juga akan belajar apa yang mereka ketahui bagaimana mereka mengetahuinya dan mengapa mereka meyakininya. Namun pada awal penerapan model ini siswa membutuhkan lebih banyak bimbingan latihan pada saat penilaian dan feedback. Kebutuhan siswa tersebut menunjukkan bahwa penilaian juga memiliki peran penting dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Penilaian yang memberikan feedback secara berkala yang mungkinkan siswa untuk menguasai pembelajarannya dikenal dengan assessment formative. Pemberian feedback merupakan aspek penting bagi siswa dalam menguasai pelajaran dengan karakteristik materi berjenjang seperti halnya Fisika. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengintegrasikan assement formative dalam scientific inquiry learning dan mengetahui pengaruhnya terhadap penguasaan konsep fisika siswa. Penelitian ini menggunakan metode gabungan (mixed methods). Analisis data kualitatif dilakukan dengan pengelompokan data triangulasi dan display data. Sedangkan analisis kuantitatif dilakukan dengan perhitungan Cohen s effect size (d) dan N-gain ternormalisasi. Penelitian ini dilaksanakan di MA Bilingual Batu dengan sampel sebanyak 20 siswa berdasarkan program peminatan MIA. Pembelajaran dilakukan dengan mengintegrasikan baik formal formative assessment maupun informal formative assessment dalam tahap-tahap inquiry. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa integrasi formative assessment dalam scientific inquiry learning memberikan pengaruh positif terhadap kemampuan penguasaan konsep Fisika siswa meningkatkan motivasi belajar dan peran siswa dalam pembelajaran. Formal formative assessment (direct questioning brainstorming quizes generation questioning phenomenon probe dan wait time variation) diterapkan dalam tahap observation manipulation verification dan application. Sementara informal formative assessment terjadi pada tahap observation manipulation dan generalization. Hasil yang diperoleh melalui analisis data kuantitatif dengan menggunakan Cohen s d-effect size sebesar 1 48 dan rata-rata gain ternormalisasi diperoleh nilai sebesar 0 23.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 20 Oct 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18719

Actions (login required)

View Item View Item