Pengaruh pendekatan science technology society terhadap prestasi belajar fisika siswa SMA Negeri 6 Malang 2015/2016 / Nindya Putri Irianty - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pendekatan science technology society terhadap prestasi belajar fisika siswa SMA Negeri 6 Malang 2015/2016 / Nindya Putri Irianty

Irianty, Nindya Putri (2016) Pengaruh pendekatan science technology society terhadap prestasi belajar fisika siswa SMA Negeri 6 Malang 2015/2016 / Nindya Putri Irianty. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Putri Nindya. 2016. Pengaruh Pendekatan Science Technology SocietyterhadapPrestasiBelajarFisikaSiswa SMA Negeri 6 Malang 2015/2016. Skripsi Program Studi Pendidikan Fisika Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Kadim Masjkur M.Pd (2) Dr. Supriyono Koes H. M.Pd. M.A Kata kunci Pendekatan Science Technology Society prestasibelajarsiswa. Berdasarkan hasil tes prestasi belajar siswa yang dilakukan di SMAN 6 Malang menunjukkan bahwa prestasi belajar siswa masih rendah padahal prestasibelajarsiswasangat penting karenamencerminkan tingkat penguasaan materi pembelajaran bagi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Pendekatan Science Technology SocietyterhadapPrestasiBelajarFisikaSiswa SMA Negeri 6 Malang 2015/2016. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen. Populasi pada penelitian ini adalah seleuruh kelas X IPA SMAN 6 Malang tahun ajaran 2015-2016. Sampel pada penelitian ini adalah kelas X IPA 3 sebagai kelas eksperimen yang belajar melalui model Pendekatan Science Technology Societydan kelas X IPA 4 sebagai kelas kontrol yang belajar melalui model pembelajaran konvensional dengan menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Instrumen penelitian ini terdiri dari instrumen perlakuan yang berisi instrumen pengukuran yang berisi lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Data dikumpulkanmelaluiteskemampuanawalsiswa yang telahdiujivaliditasdanreabilitasnya.Hasilperhitunganujireabilitassoalprestasibelajaraalah 0 473.Ujiprasyaratnormalitasdanhomogenitasdilakukansebelumpengujianhipotisis. Data dianalisisdenganteknik ANAKOVA dengansignifikan 945 0 05. Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa (1) tidakterdapatperbedaanprestasibelajarsiswakelaseksperimendankelaskontrol.(2) penggunaanpendekatanScience Technology Society (STS) kurangmemberikankontribusi yang baikbagipelaksanaankegiatanpembelajaran di sekolah khususnyaterhadapprestasibelajar. Saran yang dapatdisampaikan (1) memperhatikankelebihanpendekatan STS yang diterapkankarenadapatmeningkatkanwawasan kualitaspembelajaran hubungansosial percayadiridansikapmenghargaiprodukteknologisertabertanggungjawabatasmasalah yang muncul di lingkungan. (2) Untuk penelitian lebih lanjut dapat membuktikan apakah dengan pembelajaran lebih dari dua kali pertemuan memberikan kontribusi yang baik bagi pelaksanaan kegiatan pembelajaran STS di kelas khususnya terhadap prestasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 12 Oct 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18716

Actions (login required)

View Item View Item