Pengembangan bahan ajar berbasis masalah pada materi suhu dan kalor / Azizah Tunjungsari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar berbasis masalah pada materi suhu dan kalor / Azizah Tunjungsari

Tunjungsari, Azizah (2016) Pengembangan bahan ajar berbasis masalah pada materi suhu dan kalor / Azizah Tunjungsari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Tunjungsari Azizah. 2016. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis MasalahpadaMateriSuhudanKalor. Skripsi Program Studi Pendidikan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Agus Suyudi M.Pd (II) Drs. Kadim Masjkur M.Pd. Kata Kunci bahan ajar berbasis masalah suhu dan kalor Pendidikan merupakan syarat penting bagi perkembangan dan kemajuan suatu bangsa yang berarti peningkatan kualitas sumber daya manusia.Hasil survey di lapangan menunjukkan bahwa pembelajaran di sekolah telah didukung oleh penggunaan modul yang diterbitkan oleh sekolah. Bahan ajar yang digunakan telah berlabel Kurikulum 2013 walaupun kenyataannya belum seluruh langkah diterapkan dalam bahan ajar. Sebagian besar bahan ajar telah menampilkan permasalah kehidupan sehari-hari di awal bab yang akan dibahas sebagai apersepsi saja dan belum dibahas secara mendalam pada bahan ajar. Siswa juga belum diberi kesempatan untuk menyampaikan gagasan terkait permasalah yang disajikan. Penelitianinimerupakanpenelitianpengembangan(Research Development) menggunakan 4-D yang memiliki 4 langkah. Namundalampenelitianini langkah-langkahtersebutdimodifikasimenjadi 3 langkah yaitu 1) perencanaan 2) perancangan 3) pengembangan. Validasi yang dilakukanadalahvalidasikesesuaian model bukusiswa kelayakanisibukusiswa dankesesuaian model RPP yang dilakukanoleh 1 dosenfisikadan 1 guru fisika. Setelahdivalidasi dilakukan uji coba terbataskepada 12 siswa X IPA 2 SMA N 6 Malang. Data yang diperolehberupa data kuantitatifdankualitatif. Data kuantitatifdiperolehdaripengisianangketvalidasioleh validatorsertahasilpenilaianbahan ajar olehsiswadenganrentangskor 1-4 menggunakanskalaLikert. Data kualitatifdiperolehdarikomentardan saran validator serta angkethasilujipembelajaran. Hasil penelitian dan pengembangan menunjukkan bahwa bahan ajar berbasis masalah yang terdiri dari buku siswa dan buku guru telah tersusun dan memiliki kriteria sangat valid. Hasil uji keterbacaan diperoleh bahwa buku siswa yang disusun memiliki keriteria sangat layak. Bahan ajar yang disusun memiliki beberapa kelebihan antara lain 1) sesuai dengan tuntutan Kurikulum 2) disajikan berdasarkan model pembelajaran PBL 3) dilengkapi kolom rangkuman 4) memudahkan guru dalam melaksanakan pembelajaran karena dilengkapi dengan panduan guru. Sedangkan kekurangan bahan ajar yang dikembangkan adalah 1) bahan ajar hanya divalidasi dari segi kesesuaian model dan kelayakan isi serta hanya diuji coba terbatas belum diuji coba secara luas dan empirik 2) hanya disesuaikan dengan karakteristik di SMA N 6 Malang saja.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 12 Oct 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18715

Actions (login required)

View Item View Item