Pengembangan multimedia pembelajaran swishmax 4 berbasis pendekatan saintifik pada materi gerak parabola dan gerak melingkar / Nita Intan Namimbia - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan multimedia pembelajaran swishmax 4 berbasis pendekatan saintifik pada materi gerak parabola dan gerak melingkar / Nita Intan Namimbia

Namimbia, Nita Intan (2016) Pengembangan multimedia pembelajaran swishmax 4 berbasis pendekatan saintifik pada materi gerak parabola dan gerak melingkar / Nita Intan Namimbia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Namimbia Nita Intan. 2016. Pengembangan Multimedia PembelajaranSwishMax 4 BerbasisPendekatanSaintifikPadaMateriGerak Parabola danGerak Melingkar. Skripsi JurusanFisika FakultasMatematikadanilmuPengetahuanAlam UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Drs. H. Winarto M.Pd (II) Sulur S.Pd M.Si M.T.D. Kata Kunci Multimedia Pembelajaran PendekatanSaintifik Gerak Parabola GerakMelingkar Kurikulum 2013 dikembangkandenganbeberapapenyempurnaanpolapikir salahsatunyaadalahpenguatanpembelajaranaktifmencaridenganpendekatansaintifik. Penguatanpembelajaranaktifmencaridenganpendekatansaintifikdiperlukan agar siswamemilikikemampuanberpikirlogis kritis dananalistis. Namunberdasarkanpenelitiandanpengamatanbeberapa guru yang sudahmenerapkanpendekatansaintifik mengalamihambatandalampersiapan media pembelajaran. Padahalsiswaakanmengalamikendaladalampembelajaransaintifikjika media yang disajikantidakmenarik. Sehinggapemilihan media yang tepatdalampembelajaransaintifiksangatdiperlukanuntukmenunjang proses pembelajaran. Salah satu media yang tepatadalah multimedia pembelajaran. Berdasarkanhasilobservasiawal di kelas XI SMAN 10 Malang Leadership Academy 96 % yang mengisiangketmenyatakanlebihmudahmempelajarifisikajikadisajikandalambentuk multimedia yang diberigambar animasi dan video. Sedangkanberdasarkanhasilwawancaramaterigerak parabola dangerakmelingkarmemerlukan multimedia dalampembelajaran sebab di dalamnyaterdapatkonsepvektor yang perludivisualisasikan. Berdasarkanuraiantersebutmaka guru dansiswamemerlukan media yang tepatdalampelaksaanpembelajaran di kelas. Penelitiandanpengembanganinimenggunakanmetodepenelitian Borg dan Gall yang telahdimodifikasidandiambil 3 langkahpenelitiandanpengembangan yaitu studipendahuluan pengembanganproduk danpengujian.Jenis data yang diambilmerupakan data kuantitatifdankualitatif. Data kuantitatifdiperolehmelalui validator ahlisedangkan data kualitatifdiperolehmelaluikomentardan saran dari validator ahlidansiswa. Instrumen yang digunakandalampengumpulan data adalahangketvalidasimateridan media sertaangketresponsiswa. Pelaksanaanujicobaprodukterbatasdilakukan di SMAN 10 Malang Leadership Academykelas XI MIPA. Jumlahsubjekujicobaprodukterbatassebanyak 55 siswa. Berdasarkanhasil data dananalisis data yang diperolehdari validator ahlimateridan media media inidinyatakan valid danlayakuntukdigunakansebagai media pembelajaranuntuksiswakelas XI SMA MIPA. Hasilvalidasidariaspek media memperolehpresentasesebesar 88.94 % sedangkandariaspekmaterimemperolehpresentasesebesar 87 %. i

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Oct 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18714

Actions (login required)

View Item View Item