Pengembangan instrumen tes pilihan ganda isomorphic problem pada materi fluida dinamis untuk siswa SMA / Nadya Dewi Arofah Mochsif - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan instrumen tes pilihan ganda isomorphic problem pada materi fluida dinamis untuk siswa SMA / Nadya Dewi Arofah Mochsif

Mochsif, Nadya Dewi Arofah (2016) Pengembangan instrumen tes pilihan ganda isomorphic problem pada materi fluida dinamis untuk siswa SMA / Nadya Dewi Arofah Mochsif. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Mochsif Nadya DA. 2016. Pengembangan Instrumen Tes Pilihan Ganda Isomorphic Problem pada Materi Fluida Dinamis untuk Siswa SMA. Skripsi Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sentot Kusairi M.Si (II) Dr. Supriyono Koes H M.Pd M.A. Kata Kunci Tes Pilihan Ganda Isomorphic Problem Fluida Dinamis Tingkat Kemampuan Siswa Penilaian memiliki peranan penting dalam kegiatan pembelajaran. Informasi yang didapatkan dari kegiatan penilaian perlu diberikan kepada siswa dalam bentuk balikan (feedback). Kenyataannya guru mengalami kesulitan dalam menentukan tingkat kemampuan siswa dan memberikan feedback secara cepat dalam kegiatan penilaian. Oleh karena itu guru memerlukan instrumen yang sesuai untuk melakukan penilaian. Tes pilihan ganda isomorphic problem merupakan instrumen penilaian yang dapat membantu guru mengelompokkan siswa berdasarkan tingkat kemampuan siswa. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan instrumen tes pilihan ganda isomorphic problem pada materi fluida dinamis mendeskripsikan kelayakan instrumen tes pilihan ganda isomorphic problem dan menguji coba instrumen tes pada web try out. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model ADDIE (Muruganantham 2015). Lima tahap penelitian ini yaitu analysis design development implementation dan evaluation. Jenis data yang digunakan adalah data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari hasil validasi ahli dan validitas butir soal. Data kualitatif diperoleh dari saran-saran validator. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah angket validasi dan sistem tes pilihan ganda isomorphic problem berbantuan web. Penelitian dilakukan di SMAN 2 Malang dan SMAI Al Izzah Batu pada bulan Mei dengan subjek penelitian siswa kelas XI MIPA. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh instrumen tes pilihan ganda isomorphic problem dengan 5 pilihan jawaban. Instrumen tes dapat mengelompokkan siswa berdasarkan tingkat pemahamannya. Namun instrumen yang dikembangkan terbatas pada materi fluida dinamis dan tidak terdapat soal remidial. Hasil analisis uji validasi oleh validator ahli sebesar 83 3% - 91 7% yang berarti instrumen yang dikembangkan layak. Hasil validitas butir soal memiliki rentang 0 398 0 638 yang berarti instrumen tes valid. Taraf kesukaran paket 1 dan 2 termasuk kriteria sedang dengan rentang taraf kesukaran 0 207-0 815. Daya pembeda instrumen tes paket 1 dan 2 baik yaitu dengan rentang 0 571-1 000 dan 0 375-0 875. Reliabilitas tes paket 1 dan 2 tergolong dalam kriteria sangat tinggi yaitu sebesar 0 862 dan 0 812. Uji coba sistem tes dengan menggunakan web berhasil dilakukan terbukti dari feedback yang berhasil diberikan dengan menggunakan web.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Oct 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18712

Actions (login required)

View Item View Item