Pengembangan bahan ajar fisika berbasis permasalahan kearifan lokal pada pokok bahasan gerak melingkar beraturan sebagai peluang meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas X SMA di Kota Malang / Renny Anggraini Anggun Kurniawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar fisika berbasis permasalahan kearifan lokal pada pokok bahasan gerak melingkar beraturan sebagai peluang meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas X SMA di Kota Malang / Renny Anggraini Anggun Kurniawati

Kurniawati, Renny Anggraini Anggun (2016) Pengembangan bahan ajar fisika berbasis permasalahan kearifan lokal pada pokok bahasan gerak melingkar beraturan sebagai peluang meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas X SMA di Kota Malang / Renny Anggraini Anggun Kurniawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Kurniawati Renny Anggraini Anggun. 2016. Pengembangan Bahan Ajar Fisika Berbasis Permasalahan Kearifan Lokal pada Pokok Bahasan Gerak Melingkar Beraturan sebagai Peluang Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas X SMA di Kota Malang. Skripsi Program Studi Pendidikan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Endang Purwaningsih M.Si (II) Nuril Munfaridah M.Pd. Kata Kunci bahan ajar permasalahan kearifan lokal gerak melingkar beraturan kemampuan pemecahan masalah Kurikulum 2013 mengharuskan bahan ajar berdasarkan 4 KI dan memiliki keterkaitan dengan kebudayaan. Hasil survei lapangan menunjukkan bahwa sebagian besar bahan ajar yang digunakan SMA di Kota Malang hanya menyajikan permasalahan kehidupan nyata sebagai pengantar siswa pada pembelajaran dan belum dibahas secara mendalam. Bahan ajar juga belum menyajikan permasalahan yang berhubungan dengan kearifan lokal sekitar tempat tinggal siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mendeskripsikan kelayakan bahan ajar berbasis permasalahan kearifan lokal. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan lima langkah model prosedural deskriptif R D Borg Gall dengan tahapan (1) penelitian dan pengumpulan data (2) perencanaan (3) pengembangan draf produk (4) uji coba lapangan awal (5) revisi hasil uji coba. Validasi yang dilakukan adalah validasi kesesuaian model buku siswa kelayakan isi buku siswa dan kesesuaian model RPP yang dilakukan oleh 1 dosen fisika dan 1 guru fisika. Setelah divalidasi dilakukan uji coba terbatas kepada 12 siswa XI IPA 3 SMA N 7 Malang. Data yang diperoleh berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari pengisian angket validasi oleh validator serta hasil penilaian bahan ajar oleh siswa dengan rentang skor 1-4 menggunakan skala Likert. Data kualitatif diperoleh dari komentar dan saran validator serta angket hasil uji pembelajaran. Hasil penelitian dan pengembangan menunjukkan bahwa bahan ajar berbasis permasalahan kearifan lokal yang terdiri dari buku siswa dan buku guru telah tersusun dan memiliki kriteria sangat valid. Dari hasil uji pembelajaran diperoleh bahwa bahan ajar berbasis permasalahan kearifan lokal berpeluang tinggi dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa sedangkan dari hasil uji keterbacaan diperoleh bahwa buku siswa yang disusun memiliki kriteria sangat layak. Bahan ajar yang disusun memiliki beberapa kelebihan antara lain 1) sesuai dengan tuntutan Kurikulum 2) berdasarkan model PBL berbasis permasalahan kearifan lokal 3) dilengkapi kolom rangkuman 4) dilengkapi dengan panduan guru. Sedangkan kekurangan bahan ajar yang dikembangkan adalah 1) belum diuji coba secara luas dan empirik 2) hanya disesuaikan dengan karakteristik beberapa sekolah di Kota Malang saja.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 12 Oct 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18711

Actions (login required)

View Item View Item