Pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar mahasiswa pendidikan teknik mesin Universitas Negeri Malang menggunakan metode belajar e-learning pada era pandemi covid-19 / Muhammad Jauza Satrio - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar mahasiswa pendidikan teknik mesin Universitas Negeri Malang menggunakan metode belajar e-learning pada era pandemi covid-19 / Muhammad Jauza Satrio

Satrio, Muhammad Jauza (2021) Pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar mahasiswa pendidikan teknik mesin Universitas Negeri Malang menggunakan metode belajar e-learning pada era pandemi covid-19 / Muhammad Jauza Satrio. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Metode belajar E-learning merupakan metode pembelajaran alternatif yang banyak dipakai di masa pandemi Covid-19 sebagai upaya untuk mencegah penularan. Metode belajar E-learning diharapkan dapat meningkatkan motivasi dari peserta didik sehingga dapat meningkatkan hasil belajar. Objek yang diteliti dalam penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Teknik Mesin Universitas Negeri Malang karena universitas ini merupakan salah satu universitas yang menggunakan metode belajar E-learning dalam pelaksanaan kegiatan belajar mengajarnya. Tujuan penelitian ini ialah (1) Mengetahui dan menjelaskan motivasi belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Mesin Universitas Negeri Malang selama melaksanakan pembelajaran menggunakan metode pembelajaran online di era pandemi COVID-19 (2) Mengetahui dan menjelaskan hasil belajar yang dicapai mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Mesin Universitas Negeri Malang selama melaksanakan pembelajaran menggunakan metode pembelajaran online di era pandemi COVID-19 dan (3) Mengetahui dan menganalisis pengaruh dari motivasi belajar terhadap hasil belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Mesin Universitas Negeri Malang selama melaksanakan pembelajaran menggunakan metode pembelajaran online di era pandemi COVID-19. Penelitian ini merupakan penelitian korelasi (casual research) dengan menggunakan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Teknik Mesin Universitas Negeri Malang angkatan 2020 sebanyak 95 mahasiswa dari 3 kelas yang dipilih menjadi objek penelitian. Sample yang digunakan adalah semua populasi yaitu sebanyak 95 mahasiswa. Data untuk penelitian diambil menggunakan angket yang disebarkan dengan menggunakan google form dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data statistik deskriptif untuk mengetahui deskripsi hasil motivasi belajar hasil belajar kognitif hasil belajar afektif dan uji parsial (uji-t) digunakan untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar kognitif hasil belajar afektif mahasiswa Pendidikan Teknik Mesin Universitas Negeri Malang menggunakan metode belajar E-Learning pada era pandemi covid-19. Variabel yang dipakai dalam penelitian ini terdiri dari Motivasi Belajar (X) Hasil Belajar Kognitif (Y1) dan Hasil Belajar Afektif (Y2). Berdasarkan hasil analisis regresi linear sederhana ada pengaruh yang signifikan dari motivasi belajar terhadap hasil belajar kognitif dengan konstanta 9 267 koefisien regresi 0 798 (nilai sig t (0.000) 945 0 05) dan motivasi belajar terhadap hasil belajar afektif dengan konstanta 17 160 koefisien regresi 0 639 (nilai sig t (0.000) 945 0 05). Saran yang diajukan dalam penelitian ini yaitu kepada jurusan Teknik Mesin khususnya prodi S1 Pendidikan Teknik Mesin Universitas Negeri Malang ialah meningkatkan motivasi belajar peserta didik melalui inovasi pembelajaran dan dorongan dari pihak pengajar sehingga dapat memenuhi capaian target dari hasil belajar kognitif dan afektif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Oct 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/187101

Actions (login required)

View Item View Item