Pratiwi, Eka Novitasari (2016) Implementasi model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Team Games Tournament) berbasis 5M untuk meningkatkan prestasi belajar fisika siswa SMAN 2 Malang / Eka Novitasari Pratiwi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK PratiwiNovitasari Eka. 2016. Implementasi model pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan 5M untuk meningkatkan prestasi belajar fisika siswa SMAN 2 Malang JurusanFisika FakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlam UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (1)Dr. Edi Supriana M.Si (2) SugiyantoS.Pd. M.Si. Kata Kunci Keterlaksanaan pembeljaran kooperatif TIPE TGT peningkatan prestasi belajar siswa. Pembelajaran yang mengimplementasikan kurikulum 2013 belum sepenuhnya diterapkanoleh pihak pendidik. Berdasarkan hasil observasi di lapangan didapatkan bahwa guru belum sepenuhnnya melaksanakan pembelajaran dengan baik beberapa bagian yang terlewatkan dalam pembelajaran. Hal ini berpengaruh pada kegiatan siswa. Sebagian besar siswa kurang aktif hanya mendengarkan apa yang disampaikan guru sehingga siswa menjadi pasif. Akibatnnya prestasi belajar siswa rendah. Perlu upaya keras untuk siswaaktif dan nyaman berada di kelas. Model pembelajaran kooperatif adalah model pembelajaran yang mengedepankan interaksi antar teman sejawat. Model pembelajaran kooperatif dengan tipe TGT membuatpembelajaran yang dilakukan di kelas terasa menyenagkan. Pembelajaran TGT membuat siswa melakukan belajaran sambil bermain sehingga tidakmerasajenuh. Langkah pembelajaran TGT ada 5 antara lain (1) melakukan penyajian kelas (2) melakukan diskusi dengan kelompok/team (3)melakukan permainan (4)melakukan tournament (5) memberikan reword. Penelitian yang dilakukan yaitu penelitian tindakan kelas dengan diskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan dikelas XI MIPA 3 SMAN 2 MALANG. Kelas berjumlah 28 siswa yang terdiri dari 9 siswa dan 19 siswi. Penelitian dilakukan dalam 2 siklus.Perbaikan yang dilkukan yaitu memperbaiki kegiatan penyajian kelas pada tahapan menanya dan tahapan inti berupa mencari informasi. Perubahan tindakan yang dilakukan siswa lebih antusias dalam melakukan pelajaranselain itu siswa juga lebih berani untuk mengungkapkan pendapat. Hasil penelitian didapatkan hasil berupa keterlaksanaan pembelajaran dan prestasi belajar. Hasil penelitian pada siklusI didapatkan bahwa keterlaksanaan pembelajaran terlaksana dengan baik dibuktikan dengan perubahan perilaku siswa dan tingkat keterlaksanaan RPP yang mendapat predikat baik. Perilaku siswa yang berubah yaitu siswa lebih memperhatikan bertanggung jawab dan antusias. Keberhasilan pembelajaran pada siklus I juga berpengaruh pada prestasi belajar individu siswa prestasi belajar individu siswa mengalami kenaikan daripada prestasi belajar siswa sebelum dilakukan tindakan. Pada siklus II keterlaksanaan pembelajaran terlaksana dengan baik. Keterlaksanaan pembelajaran pada siklus II ditandai dengan berubahnya perilaku siswa yang lebih termotivasi melakukan pembelajaran bersikap tanggung jawab dan lebih berani mengungkapkan pendapat. Keterlaksanaan juga berpengaruh pada kenaikan prestasi belajar siswa pada siklus II. Pembuktian kenaikan dari hasil postest siswa pada siklus II lebih tinggi pada siklus I. Artinya pada penelitian ini pembelajaran terlaksana dan prestasi belajar siswa meningkat.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 12 Oct 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/18710 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |