Pengembangan multimedia pembelajaran fisika berbasis swishmax 4 dengan pendekatan saintifik pada materi impuls dan momentum / Aprilliyah Firdausi Imami - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan multimedia pembelajaran fisika berbasis swishmax 4 dengan pendekatan saintifik pada materi impuls dan momentum / Aprilliyah Firdausi Imami

Imami, Aprilliyah Firdausi (2016) Pengembangan multimedia pembelajaran fisika berbasis swishmax 4 dengan pendekatan saintifik pada materi impuls dan momentum / Aprilliyah Firdausi Imami. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Imami Aprilliyah F. 2016. Pengembangan Multimedia Pembelajaran Berbasis SwishMax 4 dengan Pendekatan Saintifik Pada Materi Impuls dan Momentum. Skripsi Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) Drs. H. Winarto M.Pd. (II) Dr. Supriyono Koes H M.Pd M.A. Kata Kunci multimedia pembelajaran impuls dan momentum Rendahnya kualitas pendidikan Indonesia pada setiap jenjang dan satuan pendidikan menyebabkan Indonesia kalah bersaing dalam kancah Internasional. Hal ini ditunjukkan dari hasil survei yang dilakukan EFA dan keikutsertaan Indonesia dalam studi Internasional TIMSS. Hasil observasi awal yang dilakukan di SMA Negeri 1 Krembung menunjukkan bahwa mata pelajaran fisika kelas XI pokok bahasan impuls dan momentum menunjukkan 85% siswa kurang dari KKM yang ditetapkan sekolah. Hasil belajar merupakan hal yang penting yang akan dijadikan tolak ukur keberhasilan siswa dalam belajar dan sejauh mana sistem pembelajaran yang diberikan guru berhasil. Hal ini dapat disebabkan siswa mengalami miskonsepsi atau siswa mengalami kesulitan belajar. Media pembelajaran dapat memberikan informasi yang akurat dan aktual menambah daya tarik terhadap suatu materi sehingga dapat meningkatkan motivasi dan minat belajar. Pembelajaran kurikulum 2013 menggunakan pendekatan saintifik. Berkaitan dengan itu maka diperlukan pengembangan multimedia pembelajaran fisika berbasis SwishMax 4 dengan Pendekatan Saintifik pada Materi Impuls dan Momentum. Penelitianinimenggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiridari 5 langkahyaituanalys desain develop implementation and evaluation. Pengumpulan data dilakukandenganmenggunakanteknikwawancaradanmengisiangketoleh validator danpengguna. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah transkrip wawancara dan angket. Berdasarkan data dan analisis secara keseluruhan nilai rata-rata kelayakan media adalah 86 04% dan kelayakan materi 88 43 %. Dengan demikian multimedia pembelajaran fisika berbasis SwishMax 4 dengan pendekatan saintifik peda materi impuls dan momentum ini sudah layak digunakan sebagai media pembelajaran. Multimedia yang dikembangkan dilengkapi pendalaman konsep contoh soal soal evaluasi dan video proyek fisika. Selain itu produk ini berpeluang untuk meningkatkan motivasi peserta didik dan dapat digunakan oleh guru dan peserta didik. Namun disamping itu juga memiliki kelemahan yaitu terbatas pada materi impuls dan momentum serta belum diuji secara empiris mengenai efisiensi multimedia. Bagi peneliti selanjutnya disarankan untuk mengembangkan produk ini lebih lanjut dan diuji efiensinya

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 11 Oct 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18709

Actions (login required)

View Item View Item