Rolisa, Novwida Hijrah (2016) Pengembangan bahan ajar fisika berbasis guided inquiry untuk membantu siswa kelas X menganalisis pengaruh kalor pada kehidupan sehari-hari / Novwida Hijrah Rolisa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Rolisa NovwidaHijrah. 2016. PengembanganBahan Ajar FisikaBerbasis Guided Inquiry untukMembantuSiswaKelas X MenganalisisPengaruhKalorPadaKehidupanSehari-hari.Skripsi Program StudiPendidikanFisika JurusanFisika FakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlam UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Drs. PurboSuwasono M.Si (II) Sugiyanto S.Pd M.Si Kata kunci bahan ajar guided inquiry Dalammemahami IPA salahsatunyafisikadibutuhkancarabelajarygbermaknabagisiswa. Model yang dapatmenumbuhkankebermaknaanbelajarbagisiswaadalah model guided inquiry. Cara lain untukmendukungtimbulnyakebermaknaanbelajarpadasiswaadalahterfasilitasinyasiswadalam proses pembelajaran. Salah satufasilitas yang diberikanyaknibahan ajar yang sesuaidengankurikulum 2013. Namunbahan ajar yang adabelummemfasilitasisiswauntukmelakukanpengalamanbelajarberdasarkanpendekatansaintifiksertabelummemfasilitasisiswauntukmencapaikompetensi yang diharapkandalampembelajarannya. Olehkarenaituingindikembangkanbahan ajar fisikaberupabukusiswadanbuku guru berbasisguided inquiryuntukmembantusiswamenganalisispengaruhkalorpadakehidupansehari-hari. Penelitianinimerupakanpenelitianpengembangan yang menggunakanmetode Borg Gall sampaitahap lima yang menunjukkantahapan yang harusdiikutiuntukmenghasilkanprodukberupabahan ajar. Produkhasilpengembangandivalidasiolehsatudosenjurusanfisika. Produk yang divalidasikemudiandiperbaikikekurangannya selanjutnyadiujicobakansecaraterbataskepada 2 guru Fisikadan 20 siswakelas X SMAN Jatiroto. Hasilpenelitianmenunjukkanbahwabahan ajar berbasisguided inquiryuntukmembantusiswakelas x menganalisispengaruhkalorpadakehidupansehari-hariinimemperolehnilaipersentase 91 95% untukbukusiswadan 92 3% untukbuku guru dari validator yang berarti valid. Sedangkandaripenggunabahan ajar memperolehnilaipersentase 87 9% untukbukusiswadan 94 3% untukbuku guru darimasing-masingpengguna. Hal iniberartibahan ajar yang dikembangkansudahlayakuntukdigunakansertamemilikikelebihandenganpengalamanpembelajaranpendekatansaintifikdanmengikutilangkahpembelajaranguided inquiry. Adapunkekurangannyaterbataspadaujicobaterbatasdalamskalakecil. Sehinggaterbatasdiketahuitingkatkelayakanbahan ajar. Peneliti lain disarankanuntukmengujiefekivitasdaribahan ajar.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 11 Oct 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/18708 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |