Pengembangan mediapembelajaran interaktif menggunakan macromedia flash 8 pada pokok bahasan fluida dinamis untukl SMA kelas XI / Hardian Prakoso - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan mediapembelajaran interaktif menggunakan macromedia flash 8 pada pokok bahasan fluida dinamis untukl SMA kelas XI / Hardian Prakoso

Prakoso, Hardian (2016) Pengembangan mediapembelajaran interaktif menggunakan macromedia flash 8 pada pokok bahasan fluida dinamis untukl SMA kelas XI / Hardian Prakoso. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Prakoso Hardian 2016. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Macromedia Flash 8 Pada Pokok Bahasan Fluida Dinamis Untuk SMA Kelas XI. Skripsi Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Dwi Haryoto. M.Pd. (II) Drs. H. Winarto. M.Pd. Kata Kunci Media Pembelajaran Interaktif Macromedia Flash 8 Fluida Dinamis Pembelajaran merupakan bagian penting dari pendidikan dimana pembelajaran mempunyai peran untuk peningkatan kualitas belajar mengajar dan hasil belajar. Pada proses pembelajaran pemilihan strategi pembelajaran sangat penting dalam mencapai tujuan dari pembelajaran ini. Komponen penting dalam strategi pembelajaran ini adalah metode pembelajaran dan media pembelajaran. Pemakaian media pembelajaran yang tepat dan menarik dalam proses belajar mengajar dapat membangkitkan motivasi dan rangsangan kegiatan belajar yang bahkan bisa membawa pengaruh psikologi terhadap siswa. Dunia pendidikan di abad 21 ini sudah mengalami pergeseran dan perubahan bersifat mendasar pada tujuannya seperti kemajuan ilmu pengetahuan akibat lahirnya sains dan teknologi komputer. Karakteristik abad 21 adalah dunia kehidupan akan semakin dihubungkan dengan teknologi informasi yang implikasinya salah satunya pada bidang pendidikan. Implikasi pada pendidikan adalah saat penyampaian materi ajar dilakukan secara interaktif dan dapat mempermudah pembelajaran karena didukung oleh berbagai aspek seperti suara/audio video animasi teks dan grafik. Tujuan pengembangan ini adalah untuk menghasilkan produk kemudian menguji kevalidan dan menguji kepraktisan media pembelajaran interaktif menggunakan macromedia flash 8 pada pokok bahasan fluida dinamis untuk SMA kelas XI. Pada pengembangan media pembelajaran ini pengembang menggunakan model pengembangan 4D (four D-models). Model ini dikembangkan oleh S. Thagarajan Dorothy S. Semmel dan Melvyn I. Semmel. Model pengembangan 4D terdiri atas 4 tahap utama yaitu (1) Define (Pendefinisian) (2) Design (Perancangan) (3) Develop (Pengembangan) dan Disseminate (Penyebaran). Untuk pengembangan media pembelajaran interaktif ini dibatasi hanya sampai tahap Develop (Pengembangan). Pengambilan data validasi dalam media pembelajaran ini diperoleh dengan instrumen berupa angket yang dilakukan terhadap 2 (dua) subyek yaitu ahli media (dosen validator dan guru SMA) dan siswa (responden). Hasil uji coba produk yang dilakukan terhadap 2 (dua) subyek tersebut diperoleh hasil sebagai berikut (1) Ahli media oleh dosen validator menyatakan produk ini valid dengan persentase 84 7% sedangkan ahli media oleh guru SMA valid dengan persentase 100% (2) Siswa kelas XI MIA 1 SMA 1 Turen menyatakan produk ini praktis dengan persentase 95 71%. Berdasarkan hasil analisis data keseluruhan dinyatakan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan telah memenuhi kriteria valid dan praktis digunakan dalam pembelajaran. Untuk bisa dikatakan layak harus dilakukan tahap ketiga yaitu tahap efisiensi dengan diujikan dalam pembelajaran secara langsung. Untuk penelitian ini dilakukan hanya sampai tahap uji kevalidan dan uji kepraktisan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 10 Oct 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18706

Actions (login required)

View Item View Item