Pengembangan modul fisika berbasis inkuiri disertai scaffolding pada materi dinamika rotasi dan keseimbangan benda tegar / Inda Mey Lufita - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul fisika berbasis inkuiri disertai scaffolding pada materi dinamika rotasi dan keseimbangan benda tegar / Inda Mey Lufita

Lufita, Inda Mey (2016) Pengembangan modul fisika berbasis inkuiri disertai scaffolding pada materi dinamika rotasi dan keseimbangan benda tegar / Inda Mey Lufita. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Lufita Inda Mey. 2016. Pengembangan Modul Fisika berbasis Inkuiri disertai Scaffolding pada Materi Dinamika Rotasi dan Keseimbangan Benda Tegar. Program Studi Pendidikan Fisika Jurusan Fisika Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Purbo Suwasono M.Si. (II) Dr. H. Edi Supriana M.Si. Kata kunci Pengembangan Modul Fisika Inkuiri Scaffolding Dinamika Rotasi dan Keseimbangan Benda Tegar. Keikutsertaan Indonesia dalam Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) membawa dampak sosial ekonomi pendidikan dan politik. Pendidikan memegang peranan penting untuk mencetak sumberdaya manusia yang kritis profesional dan terampil. Penerapan Kurikulum 2013 yang menekankan pada pendekatan saintifik merupakan langkah awal dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Karakteristik bahan ajar yang dapat menunjang tuntutan Kurikulum 2013 adalah bahan ajar yang menekankan proses bukan hasil melalui perumusan prosedur dalam pemecahan masalah. Pendekatan saintifik mengedepankan cara memperoleh pengetahuan melalui inkuiri. Untuk memfasilitasi pembelajaran inkuiri guru dapat menggunakan scaffolding. Scaffolding dalam bahan ajar berbentuk soal evaluasi yang harus dikerjakan oleh peserta didik dengan menguraikan masalah ke dalam langkah-langkah pemecahan masalah. Berdasarkan studi pendahuluan di SMAN 1 Malang materi dinamika rotasi dan keseimbangan benda tegar merupakan salah satu materi fisika yang dianggap sulit oleh peserta didik sehingga pembuatan modul diharapkan dapat membantu peserta didik memahami konsep. Penelitian dan pengembangan modul fisika ini dilakukan dengan tujuan mengembangkan produk berupa modul fisika berbasis inkuiri disertai scaffolding pada materi dinamika rotasi dan keseimbangan benda tegar serta mengetahui kelayakannya. Penelitian dan pengembangan modul fisika ini mengadaptasi model penelitian dan pengembangan Borg dan Gall dan dilakukan sampai tahap kelima (revisi hasil uji coba). Modul fisika ini divalidasi oleh seorang Dosen Fisika Universitas Negeri Malang dan seorang Guru Fisika SMA. Uji keterbacaan dilakukan oleh 29 orang peserta didik kelas X SMAN 1 Malang. Instrumen pengambilan data yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan ini adalah angket. Penilaian terhadap produk penelitian dan pengembangan adalah validasi dan uji coba terbatas untuk mengetahui kualitas produk oleh pengguna. Data hasil penilaian berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh berdasarkan penilaian pada angket validator dan subyek uji coba terbatas dengan skala Likert. Data kualitatif diperoleh dari komentar dan saran validator. Teknis analisis data yang digunakan adalah analisis data nilai rerata. Hasil validasi isi modul fisika berbasis inkuiri disertai scaffolding untuk peserta didik dan untuk guru dinyatakan layak/valid. Hasil uji kelayakan modul peserta didik dinilai layak dengan rata-rata kelayakan isi kebahasaan dan penyajian secara berturut-turut sebesar 3 61 3 83 dan 3 62. Modul guru dinilai layak dengan kelayakan isi sebesar 3 95 kelayakan kebahasaan sebesar 3 67 dan kelayakan penyajian sebesar 3 70. Hasil keterbacaan siswa kelas X SMAN 1 Malang adalah layak dengan nilai rata-rata 3 67. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk termasuk dalam kriteria layak namun memerlukan sedikit revisi. Modul fisika ini perlu dikembangkan sampai tahap kesepuluh (diseminasi dan implementasi).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 29 Aug 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18705

Actions (login required)

View Item View Item