Keterlaksanaan affective assessment pada pembelajaran fisika kurikulum 2013 di MAN kota Malang / Achmad Hidayat - Repositori Universitas Negeri Malang

Keterlaksanaan affective assessment pada pembelajaran fisika kurikulum 2013 di MAN kota Malang / Achmad Hidayat

Hidayat, Achmad (2016) Keterlaksanaan affective assessment pada pembelajaran fisika kurikulum 2013 di MAN kota Malang / Achmad Hidayat. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Hidayat Achmad. 2016. Keterlaksanaan Affective Assessment pada Pembelajaran Fisika Kurikulum 2013 di MAN Kota Malang. Skripsi Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Sugiyanto S.Pd. M.Si (2) Drs. Sumarjono M.Pd. Kata Kunci Keterlaksanaan Affective Assessmen Kurikulum 2013 Asesmen berdasarkan Kurikulum 2013 pada kenyataannya di awal penerapan masih belum terlaksana sepenuhnya sebagaimana diharapkan. Berdasarkan hasil monitoring dan evaluasi yang dilakukan di satuan pendidikan pelaksana Kurikulum 2013 teridentifikasi bahwa permasalahan utama dalam implementasi Kurikulum 2013 adalah asesmen hasil belajar peserta didik. Asesmen pada kognitif dan psikomotor oleh pendidik tidak mengalami kesulitan untuk diterapkan seperti teknik asesmen pada portofolio dan proyek sedangkan teknik yang digunakan oleh pendidik pada affective assessment khususnya sikap spiritual dan social sulit dilakukan karena untuk setiap Kompetensi Dasar (KD) tiap peserta didik diasumsikan harus dinilai menggunakan berbagai teknik (observasi jurnal penilaian diri dan penilaian teman sejawat). Teknik affective assessment pada Kurikulum 2013 dikatakan kompleks dengan harus menerapkan empat teknik penilaian di tiap KD. Memperhatikan kondisi tersebut di atas makapenelitian ini dilakukan sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan mutu Kurikulum 2013. Tujuan penelitian ini yaitu untuk (1) mendeskripsikan perencanaan affective assessment (2) mendeskripsikan pelaksanaan affective assessment (3) mendeskripsikan pelaporan affective assessment yang dilakukan oleh pendidik mata pelajaran Fisika di MAN Kota Malang. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah pendidik kelas XI mata pelajaran Fisika di MAN 1 Malang MAN 2 Malang MAN 3 Malang. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data penelitian meliputi angket wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam peneitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan affective assessment Kurikulum2013 sebesar 68% dengan katagori baik. Pada tahap perencanaan affective assessment terlaksana dengan baik (66%) tahap pelaksanaan affective assessment terlaksana dengan baik (67%) tahap pelaporan affective assessment terlaksana dengan baik (71%). Hal ini masih belum terlaksana secara sempurna karena terdapat beberapa hal yang perlu diperbaiki dan ditingkatkan sejalan dengan pedoman yang telah ditetapkan pada Kurikulum 2013.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 26 Aug 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18704

Actions (login required)

View Item View Item