Pembelajaran inkuiri demonstrasi interaktif untuk meningkatkan pemahaman konsep peserta didik pada materi optika geometri / Tesar Antonio Andrea - Repositori Universitas Negeri Malang

Pembelajaran inkuiri demonstrasi interaktif untuk meningkatkan pemahaman konsep peserta didik pada materi optika geometri / Tesar Antonio Andrea

Andrea, Tesar Antonio (2016) Pembelajaran inkuiri demonstrasi interaktif untuk meningkatkan pemahaman konsep peserta didik pada materi optika geometri / Tesar Antonio Andrea. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Andrea Tesar Antonio. 2016. Pembelajaran Inkuiri DemonstrasiInteraktifuntuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Peserta Didik pada Materi Optika Geometri. Skripsi Program Studi Pendidikan Fisika Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sutopo M.Si (II) Sulur S.Pd M.Si M.TD. Kata Kunci inkuiri demonstrasiinteraktif pemahamankonsep optika geometri Salah satu fokus penelitian dalam bidang pendidikan fisika adalah tentang pemahaman konsep peserta didik. Banyakpenelitian yangmengungkapbahwapeserta didik banyak mengalami kesulitan dengan pemahaman konsep.Kesulitanpemahamankonsepdapat menghambat proses penerimaan konsep-konsep baru.Olehkarenaitukesulitanpemahamankonsepharussegeradiatasi. Penelitian ini bertujuan untukmengetahuiefektivitas pembelajaran inkuiri demonstrasi interaktif untuk memfasilitasi peserta didik memahami konsep-konsep pokok optika geometri. Selain itu juga untuk mengetahui konsep fisika apa yang dapat dikuasai dengan baik dan yang belum dapat dikuasai dengan baik oleh peserta didik. Ada limasubtopik yang dibahasdalampenelitianini. Subtopiktersebutmeliputi konsep pemantulan cahaya pembiasan cahaya sifat bayangan nyata dan maya diagram pembentukan bayangan serta peran sinar istimewa dalam pembentukan bayangan. Metode Penelitian yang digunakan adalah gabungan kuantitatif dan kualitatif yaitu mixed methods jenis embedded design. Data kuantitatif diperoleh dari hasil pretest dan posttest peserta didik pada materi optika geometri. Analisis statistik dilakukan pada data kuantitatif untuk mengetahui gambaran makro tentang efektivitas pembelajaran inkuiri demonstrasi interaktif terhadap pemahaman konsep peserta didik tentang optika geometri. Pembelajaraninkuiri demonstrasi interaktif dilakukan melalui 5 tahapan yaitu observation manipulation generalization verification dan application.Data kualitatif diperoleh dari lembar observasi angket danwawancara. Analisis data kualitatif dilakukan untuk mengetahui konsep fisika apa saja yang dapat dikuasai dengan baik dan yang belum dapat dikuasai dengan baik oleh peserta didik. Subjek penelitian adalah 67peserta didik kelas X D2 dan E2 SMA Negeri 4 Malang yang terdiri atas 25laki-laki dan 42 perempuan. Berdasarkan hasil analisis pembelajaran inkuiri demonstrasi interaktif dapat meningkatkan pemahaman konsep peserta didikpada materi optika geometridengan d-effect size1 05 yang termasuk dalam kategori tinggi dan rata-rata gain ternormalisasi (N-gain) 0 29 yang tergolong kategori medium bawah. Kesulitan peserta didik yang munculdandapat diperbaiki atau dikurangi melalui pembelajaran inkuiri demonstrasi interaktifantara lain (1) posisibayangan yang dibentukolehcermindatarbergantungpadaposisipengamatdanposisisumbercahayameskipunposisibendatetap (2) bayanganhanyabisadigambarkandengantigasifatsinaristimewasaja (3) sifatbayangannyatahanyadapatditangkapolehlayardantidakdapatdilihatlangsungolehmata. Meskipun kesulitan-kesulitantersebutberkurang namun masih terdapat beberapa peserta didik yang mengalami kesulitan setelah pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Aug 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18703

Actions (login required)

View Item View Item