Penerapan model project based learning pada pokok bahasan optik geometri untuk meningkatkan prestasi belajar peserta didik kelas X MIA 3 SMAN 2 Sumenep / Maria Ulfah - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model project based learning pada pokok bahasan optik geometri untuk meningkatkan prestasi belajar peserta didik kelas X MIA 3 SMAN 2 Sumenep / Maria Ulfah

Ulfah, Maria (2016) Penerapan model project based learning pada pokok bahasan optik geometri untuk meningkatkan prestasi belajar peserta didik kelas X MIA 3 SMAN 2 Sumenep / Maria Ulfah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ulfah Maria. 2016.Penerapan Model Project Based Learning pada Pokok Bahasan Optik Geometri untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik Kelas X MIA 3 SMAN 2 Sumenep. Skripsi Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Agus Suyudi M.Pd (II)Dr. H. Edi Supriana M.Si. Kata kunci Project Based Learning Prestasi Belajar Prestasi belajar peserta didikdigunakan sebagai salah satu tolak ukur keberhasilan pembelajaran. Hasil observasi yang dilakukan pada kelas X MIA 3 SMAN 2 Sumenep diketahui prestasi belajar fisika peserta didiknya masih rendah. Prestasi belajar peserta didik rendah dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu kondisi peserta didik saat belajar di kelas cara guru mengajar dan media pembelajaran. Nilai rerata ulangan harian sebelum dilakukan ujian perbaikan sebanyak 50% lebih peserta didik masih memiliki nilai di bawah Kriteria Ketuntasan Minimum(KKM) yang diberlakukan di sekolah. Berdasarkan wawancara yang dilakukan kepada guru peserta didik dan observasi kegiatan pembelajaran di dalam kelas terlihat bahwa metode ceramah masih mendominasi kegiatan pembelajaran. Adapun metode lain yang digunakan juga belum terlaksana secara optimal. Media yang digunakan belum memadai jika dibandingkan dengan jumlah peserta didik yang ada di dalam kelas X MIA 3 tersebut. Upaya memperbaiki permasalahan ini dengan menerapkan model Project Based Learning pada peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dengan 2 siklus pembelajaran. Siklus kedua dilakukan untuk memperbaiki kekurangan yang terjadi pada siklus pertama. Penelitian ini dilakukan di SMAN 2 Sumenep dengan subjek penelitian peserta didik kelas X MIA 3.Data penelitian terdiri dari keterlaksanaan model Project Based Learning dan prestasi belajar. Instrumen pengukuran penelitian yang digunakan berupa lembar keterlaksanaan model Project Based Learning dan lembar tes. Lembar tes berisi tes akhir yang dilakukan setelah berakhirnya pelaksanaan siklus I dan siklus II. Nilai tes akhir digunakan sebagai prestasi belajar. Data keterlaksanaan model yang telah didapatkan dianalisis dengan mereduksi dan mempersentasenya. Tahap akhir adalah refleksi untuk menentukan apakah penelitian dapat dihentikan atau masih harus dilanjutkan. Hasi analisis data keterlaksanaan model Project Based Learning oleh guru pada siklus I mencapai 89 550% dan pada siklus II mencapai 94 709%. Keterlaksanaan model Project Based Learning oleh peserta didik pada siklus I mencapai 87 037% dan pada siklus II mencapai 92 196%. Data prestasi belajar fisika peserta didik sebelum diberi tindakan sebesar 36 111% peserta didik tuntas memenuhi KKM sedangkan setelah diberikan tindakan pada siklus I menjadi 69 444% dengan peningkatan sebesar 33 333%. Pada siklus II diperoleh persentase ketuntasan belajar sebesar 86 111% dengan peningkatan sebesar 50% dari data sebelum diberi tindakan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan model Project Based Learning terlaksana dengan baik dan terjadi peningkatan prestasi belajar Fisika.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Aug 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18702

Actions (login required)

View Item View Item