Pengaruh thinking maps dalam pembelajaran interactive demonstration terhadap penguasaan konsep fisika siswa SMA / Cintya Rizki Anindya Putri - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh thinking maps dalam pembelajaran interactive demonstration terhadap penguasaan konsep fisika siswa SMA / Cintya Rizki Anindya Putri

Putri, Cintya Rizki Anindya (2016) Pengaruh thinking maps dalam pembelajaran interactive demonstration terhadap penguasaan konsep fisika siswa SMA / Cintya Rizki Anindya Putri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Putri Cintya Rizki Anindya. 2016. Pengaruh Thinking Maps dalam Interactive Demonstration terhadap Penguasaan Konsep Fisika Siswa SMA. Skripsi. Jurusan Fisika Program Studi Pendidikan Fisika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Lia Yuliati M.Pd. (II) Drs. Agus Suyudi M.Pd. Kata Kunci levels of inquiry interactive demonstration thinking maps penguasaan konsep fisika Berdasarkan observasi awal diketahui bahwa pembelajaran fisika di sekolah lebih banyak pada pemberian materi yang dilanjutkan dengan latihan soal. Pembelajaran fisika yang diharapkan oleh siswa adalah pembelajaran dengan mengamati gejala Fisika secara langsung yang tidak lain dengan melakukan demonstrasi ataubereksperimen. Siswa juga belum pernah menggunakan alat bantu belajar thinking maps untuk membantu peningkatan penguasaan konsep. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh thinking mapsdalam interactive demonstration terhadap penguasaan konsep siswa X MIPA SMAN 1 Purwosari Tahun Ajaran 2015-2016 pada materi Fluida Statis. Panel ini menggunakan rancangan panel kuasi eksperimen dengan Postest Only Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA SMAN 1 Purwosari tahun ajaran 2015-2016. Sampel yang digunakan adalah kelas X MIPA 3 dan X MIPA 4. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Purposive Sampling dan diperoleh 1 kelas ekperimen yaitu kelas yang belajar dengan interactive demonstration berbantuan thinking maps dan 1 kelas kontrol yaitu kelas yang belajar menggunakan interactive demonstration tanpa thinking maps. Instrumen penelitian terdiri dari RPP silabus dan soal penguasaan konsep fisika materi fluida statis berupa soal pilihan ganda. Pada akhir penelitian diberikan tes penguasaan konsep. Teknik analisis data menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa t_hitung 3 529 1 667(t_(70 .05)) maka terdapat perbedaan penguasaan konsep siswa kelas X MIPA SMAN 1 Purwosari tahun ajaran 2015-2016 yang pembelajarannya dengan model interactive demonstration berbantuan thinking maps dan dnteractive demonstration tanpa thinking maps. Penguasaan konsep siswa yang belajar menggunakan interactive demonstration berbantuan thinking maps lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang belajar menggunakan interactive demonstration tanpa thinking maps. Hal tersebut ditunjukkan dengan rerata sekor yang diperoleh kedua kelas setelah diberi perlakuan yang berbeda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Aug 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18701

Actions (login required)

View Item View Item