Pengembangan bahan ajar fisika physics jeopardy berbasis web pada materi suhu dan kalor sebagai peluang meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMA kelas X / Eka Wulandari Kelana - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar fisika physics jeopardy berbasis web pada materi suhu dan kalor sebagai peluang meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMA kelas X / Eka Wulandari Kelana

Kelana, Eka Wulandari (2016) Pengembangan bahan ajar fisika physics jeopardy berbasis web pada materi suhu dan kalor sebagai peluang meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMA kelas X / Eka Wulandari Kelana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Kelana Eka Wulandari. 2016. Pengembangan Bahan Ajar Fisika Physics Jeopardy BerbasisWeb sebagai Peluang untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA Pada Materi Suhu dan Kalor. Skripsi Program Studi Pendidikan Fisika Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Endang Purwaningsih M.Si. (II) Dr. Parno M. Si Kata Kunci bahan ajar berbasis Physics Jeopardy kemampuan berpikir kritis web Kurikulum 2013 merupakan upaya pemerintah dalam rangka memenuhi tuntutan abad 21. Tuntutan abad 21 tersebut diantaranya adalah alat kerja yang menggunakan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dan cara berpikir yang kritis. Berdasarkan kondisi lapangan yang ada bahan ajar yang dipakai dan beredar di SMA kota Malang kurang melatih kemampuan berpikir kritis dan minimnya penggunaan teknologi baik dalam bahan ajar maupun dalam pembelajaran. Maka perlu dilakukanpengembangan bahan ajar berbasis Physics Jeopardy berbantuan webyang diharapkan dapat berpeluang untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMA pada materi suhu dan kalor. Produk yang dikembangkan berupa bahan ajar siswa (web) dan buku petunjuk guru. Web dapat digunakan pada saat tatap muka dan diluar jam tatap muka. Sedangkan buku petunjuk guru merupakan buku pedoman untuk melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan web. Kelebihan dari bahan ajar ini yaitu (1) terdapat masalah berupa video animasi atau gambar yang sering dijumpai siswa dalam kehidupan nyata dan dapat dianalisis menggunakan ilmu fisika (3) melatih siswa untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis khususnya ketrampilanberargumentasi (argument skill) dan ketrampilan membuat pertimbangan atau pemikiran (thinking skill) (4) terdapat kegiatan proyek yang dapat melatih kemampuan psikomotor dan kreativitas siswa. Selain memiliki kelebihan bahan ajar ini juga memiliki kekurangan yaitu (1) efektivitas bahan ajar untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa belum dapat diketahui. Langkah dalam penelitian ini yaitu (1) define (wawancara dan analisis bahan ajar) (2) design (penyususnan RPP bahan ajar dan instrumen penelitian) dan (3) development (validasi uji coba produk dan revisi produk). Validasi dilakukan oleh 3 validator bertujuan untuk mendapatkan skor kritik dan saran terhadap produk. Setelah proses validasi dilakukan revisi atau perbaikan terhadap produk. Kemudian dilakukanuji coba terbatas pada 15 siswa. Pada uji coba terbatas ini siswa mengerjakan beberapa bagian dari bahan ajar yaitu pada bagian Playing Physics Think Share dan Posttest. Siswa yang telah mengerjakan bahan ajar kemudian mengisi angket uji coba terbatas. Hasil angket uji coba terbatas diperkuat dengan wawancara terhadap 6 siswa yang telah membaca dan mengerjakan bahan ajar. Hasil analisis nilai rata-rata validasi produk oleh ahli sebesar 3 54 sedangkan nilai rata-rata uji coba terbatas produk oleh siswa sebesar 3 54. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk yang dikembangkan dalam penelitian layak dan siap untuk diimplementasikan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Aug 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18700

Actions (login required)

View Item View Item